Warren Buffett Kembali Jual Saham Bank of America, Totalnya Nyaris Sentuh Rp108 Triliun

Warren Buffett Kembali Jual Saham Bank of America, Totalnya Nyaris Sentuh Rp108 Triliun

Berita Utama | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 00:45
share

NEBRASKA, iNews.id - Perusahaan investasi milik Warren Buffett, Berkshire Hathaway kembali mengurangi kepemilikannya di Bank of America. Dengan begitu, total saham yang telah dijual sejak pertengahan Juli nilainya nyaris menyentuh 7 miliar dolar AS atau setara Rp108,2 triliun.

Konglomerasi yang dijalankan oleh salah satu investor yang paling dihormati di dunia ini, menyampaikan bahwa telah menjual 18,7 juta saham bank terbesar kedua di Amerika Serikat (AS) itu. Transaksi dilakukan antara 3-5 September 2024 dengan meraup sekitar 760 juta dolar AS atau setara Rp11,7 triliun.

Berkshire telah menjual saham Bank of America dalam sembilan sesi perdagangan berturut-turut dan telah memangkas kepemilikannya di bank tersebut sekitar 16 persen sejak mulai melepas saham tersebut pada pertengahan Juli.

Mengutip Reuters , Berkshire masih menjadi pemegang saham terbesar di Bank of America dengan kepemilikan sekitar 11,1 persen, menurut data LSEG.

Berdasarkan persyaratan peraturan, Berkshire Hathaway harus terus melaporkan penjualan secara teratur hingga kepemilikannya turun di bawah 10 persen.

Sebagai informasi, Buffett mulai berinvestasi di bank tersebut pada tahun 2011, ketika Berkshire membeli saham preferen senilai 5 miliar dolar AS.

Pembelian tersebut menandakan keyakinannya pada kemampuan CEO Brian Moynihan untuk memulihkan kesehatan Bank of America setelah krisis keuangan tahun 2008.

Saham Bank of America terakhir turun 1 persen dalam perdagangan pra-pasar. Saham tersebut naik sekitar 18 persen sepanjang tahun ini, dibandingkan dengan kenaikan hampir 21 persen dalam Indeks Bank S&P 500 yang melacak bank-bank berkapitalisasi besar.

Topik Menarik