Makan Buah Sebelum Tidur Ternyata Bisa Berdampak Buruk, Ini Penjelasan Ahli

Makan Buah Sebelum Tidur Ternyata Bisa Berdampak Buruk, Ini Penjelasan Ahli

Berita Utama | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 13:55
share

JAKARTA, iNews.id - Buah-buahan adalah sumber asupan vitamin dan mineral yang sangat baik. Beberapa nutrisi penting dari buah-buahan, di antaranya adalah folat, vitamin A, B, B1, B6, C, dan kalium.

Buah juga dapat menjadi pilihan camilan yang sehat untuk mengganjal rasa lapar. Biasanya beberapa orang mengonsumsi buah saat malam hari demi menghindari makan nasi. Salah satunya adalah apel, sebagai buah yang kerap dijadikan camilan favorit banyak orang.

Nutrisionis, Vania S. Gz menjelaskan buah-buahan, khususnya apel menjadi pengganti snacking yang sangat baik karena nutrisi dan kandungan flavonoid yang dimilikinya.

"Manfaat makanan yang mengandung flavonoid dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, mulai dari diabetes, hingga kanker, ujar Vania.

Namun banyak informasi yang menyebut makan buah di malam hari khususnya sebelum tidur, buruk bagi kesehatan, karena bisa bikin gemuk atau menurunkan kualitas tidur. Lantas, apakah hal itu benar?

Vania menjelaskan konsumsi buah sebelum tidur tidak dianjurkan karena dikhawatirkan dapat membuat insulin meningkat.

"Saya tidak sarankan pas mau tidur banget, dianjurkan punya jam makan. Misalnya sarapan dari jam 6 sampai jam 9. Di sela waktu sarapan dan makan siang antara jam 10 sampai jam 11 bisa snacking. Kemudian makan siang dari jam 12 sampai jam 2, makan malam jam 6 sampai jam 8. Di sela makan siang dan makan malam antara jam 4 dan jam 5 bisa snacking buah, tutur Vania.

Lebih lanjut Vania memberi pengecualian kepada mereka yang sedang kerja lembur. Saat sedang lembur boleh ditemani dengan camilan buah, namun jamnya tidak boleh berdekatan dengan waktu tidur.

"Misalnya hari ini lembur, sudah mulai disiasati baru bisa tidur jam 1, jadi jam 10 nyemil, katanya.

Dia pun memberi alasan saat nyemil tidak boleh jelang waktu tidur. Sebab hal itu akan mengganggu kualitas tidur. Kalau makan sebelum tidur bisa kena masalah pencernaan, tidur gak tenang, dan gerd, ujarnya.

Topik Menarik