Bodyguard Atta Halilintar Dilaporkan ke Polisi buntut Ancam Culik Wartawan

Bodyguard Atta Halilintar Dilaporkan ke Polisi buntut Ancam Culik Wartawan

Berita Utama | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 10:42
share

JAKARTA, iNews.id - Bodyguard Atta Halilintar dilaporkan ke polisi oleh Aliansi Jurnalis Video (AJV) pada Kamis (5/9/2024) malam. Pelaporan dilakukan buntut pernyataan sang bodyguard yang mengancam akan menculik wartawan.

Pernyataan terlapor itu dinilai sebagai bentuk intimidasi terhadap wartawan sebagai pencari berita.

"Saya mendampingi dari Aliansi Jurnalis Video (AJV) karena kebetulan saya kuasa hukumnya, datang ke Polres Metro Jakarta Selatan untuk melaporkan adanya dugaan pengancaman," ujar pengacara AJV, Deolipa Yumara, Jumat (6/9/2024).

Bodyguard tersebut disangkakan dengan Pasal 336 KUHP tentang pengancaman dan Pasal 18 UU Pers tentang pengancaman kemerdekaan pers. Pelaku bisa terancam dua tahun penjara atau lebih.

"Ini sebenarnya dampaknya luas. Buat teman-teman wartawan se-Indonesia, jangan sampai ada lagi ancam-mengancam dari pihak-pihak yang mengancam profesi wartawan," katanya.

Sebelumnya, Atta Halilintar meminta maaf usai beredar video yang memperlihatkan pria berbaju hijau yang diduga bodyguard melontarkan kalimat ancaman kepada wartawan. Momen ini terjadi saat Atta dan Aurel Hermansyah menyambangi Polres Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2024).

"Saya dan istri pribadi minta maaf. Saya memberikan peringatan keras. dan mungkin untuk belajar jadi pribadi lebih baik lagi kedepannya," kata Atta dikutip dari kolom komentar unggahan @lambe_turah, Kamis (5/9/2024).

Kemudian, Atta menegaskan pengawal pribadi tersebut bukan karyawannya. Pria yang menjadi pengawal Atta itu tidak terikat kontrak apa pun dengan sang YouTuber kondang. 

"Dia bukan bagian dari karyawan saya atau pun punya kontrak kerja sama saya, tapi memang suka main ke tempat kami. Sekali lagi mohon maaf lahir batin," katanya.

Dalam komentar sebelumnya yang kini sudah menghilang, Atta mengaku pihak manajemennya yang berurusan langsung dengan pengawal itu langsung mengambil langkah tegas dengan merumahkannya sampai batas waktu tak disebutkan. 

"Saya pribadi minta maaf. Manajemen memberikan peringatan keras bahkan sampai merumahkan yang bersangkutan karena saya pribadi tidak pernah lihat dia seperti itu. Sekali lagi mohon maaf lahir batin," kata Atta.

Topik Menarik