Menteri Sabu Malaysia Sebut Durian Jenis Ini Dijual Rp1,25 Juta per Buah di China

Menteri Sabu Malaysia Sebut Durian Jenis Ini Dijual Rp1,25 Juta per Buah di China

Berita Utama | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 00:30
share

KUALA LUMPUR, iNews.id Durian Musang King dari Malaysia dijual seharga 350 ringgit (lebih dari Rp1,25 juta) per buah di China. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertanian dan Keamanan Pangan Malaysia, Mohamad Sabu, belum lama ini.

Inilah yang saya lihat saat berkunjung ke Shenzhen, China. Semua durian ludes terjual dalam beberapa jam, tulisnya dalam unggahan Facebook pada awal pekan ini.

Sabu mengunjungi Joy Ming Mau, sebuah perusahaan gudang pengemasan dan distribusi durian segar di Shenzhen. Menurut dia, butuh waktu dua hari untuk mendistribusikan durian segar Malaysia ke gerai-gerai penjualan di Shenzhen.

Permintaan untuk Musang King tinggi, dan saya memahami bahwa importir durian China sedang mempertimbangkan untuk membawa jenis durian lain, seperti durian kampung, ke pasar China, katanya.

Dalam unggahan lain pada Rabu (28/8/2024), Sabu menulis bahwa di China, durian segar dari Malaysia dianggap premium dan lebih mahal daripada durian yang diimpor dari Thailand dan Filipina.

Insya Allah target kementerian untuk mengekspor durian segar senilai 1,8 miliar ringgit pada 2030 dapat tercapai, ujarnya.

Dia mengatakan, sebanyak 40 ton durian segar, termasuk varietas seperti Musang King, Black Thorn, D24 dan IOI, dari delapan perusahaan pengekspor sedang dikirim dari Malaysia ke China dalam tiga tahap.

Topik Menarik