Jokowi Ungkap Pramono Anung Sudah Izin Maju Pilgub Jakarta 2 Hari Lalu

Jokowi Ungkap Pramono Anung Sudah Izin Maju Pilgub Jakarta 2 Hari Lalu

Berita Utama | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:35
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung yang mendaftar sebagai calon gubernur untuk Pilgub Jakarta 2024. Dia mengatakan keputusan itu merupakan hak Pramono dan PDIP sebagai partai pengusung.

"Ya itu hak politik dari Pak Pramono Anung dan PDIP. Semua pasti sudah ada kalkulasi politiknya, sudah ada hitung-hitungan politiknya. Saya kira memutuskan seperti itu bukan sesuatu yang mudah," kata Jokowi di Yogyakarta, Rabu (28/8/2024).

Dia mengungkapkan Pramono sudah meminta izin kepadanya untuk maju di Pilgub Jakarta sejak dua hari yang lalu.

"Dua hari yang lalu, sudah. Begitu ditunjuk langsung minta izin ke saya," kata Jokowi.

Sebelumnya, Pramono Anung bercerita kala dirinya meminta izin kepada Jokowi untuk maju di Pilgub Jakarta. mengungkapkan Jokowi tertawa terbahak-bahak.

"Saya berkonsultasi, saya datang langsung dan telepon langsung, dan ketika saya berkomunikasi duduk berdua dengan beliau (Jokowi) setelah beliau pulang dari Lampung, beliau tertawa terbahak-bahak," ujar Pramono di kediamannya kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2024).

Pada akhirnya, kata dia, Jokowi mengizinkan. "Beliau bilang begini, ‘Mas, maju’. Karena kalau berdua kadang-kadang beliau memanggil mas. Mas maju, ini tidak semua orang diberikan amanah seperti itu. 'Pak saya minta izin, bapak izinkan?' 'Saya izinkan'," tutur dia.

Diketahui, Pramono Anung telah mendaftar ke KPU DKI Jakarta. Dia diusung berpasangan dengan Rano Karno oleh PDIP.

Mereka akan menghadapi Ridwan Kamil-Suswono alias RIDO. Keduanya dijadwalkan mendaftar ke KPU Jakarta pada hari ini pukul 14.00 WIB.

Topik Menarik