6 Cara Merawat Kesehatan Mata saat Pakai Softlens, Perhatikan Tingkat Hidrasinya

6 Cara Merawat Kesehatan Mata saat Pakai Softlens, Perhatikan Tingkat Hidrasinya

Berita Utama | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 01:30
share

JAKARTA, iNews.id - Softlens merupakan lensa kontak yang terbuat dari bahan lentur dan lembut. Biasanya, digunakan untuk membantu penglihatan, seperti rabun jauh, rabun dekat, atau untuk keperluan estetika.

Softlens memang lebih nyaman dipakai daripada lensa kontak keras karena lebih fleksibel dan memungkinkan oksigen masuk ke mata. Ada beberapa jenis softlens berdasarkan masa pakainya, seperti softlens harian, mingguan, atau bulanan.

Namun, bagi Anda yang memakai softlens perlu untuk memerhatikan kesehatan mata. Jangan sampai softlens yang dipakai malah merusak mata. 

Lantas, bagaimana cara merawat kesehatan mata bagi Anda yang memakai softlens? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (24/8/2024).

1. Cuci tangan sebelum pegang softlens

Selalu cuci tangan dengan sabun dan keringkan dengan baik sebelum menyentuh softlens untuk menghindari kontaminasi. Saat ingin memakai softlens, selalu gunakan cairan pembersih yang direkomendasikan oleh dokter atau apotek untuk membersihkan dan menyimpan softlens. Jangan gunakan air biasa atau air keran.

2. Ganti softlens secara berkala

Jangan menggunakan softlens melebihi masa pakai. Softlens harian harus diganti setiap hari, sementara softlens bulanan harus diganti setiap bulan. Selain itu, berikan waktu istirahat bagi mata dengan tidak memakai softlens selama seharian penuh. Cobalah untuk menggunakan kacamata pada hari-hari tertentu

3. Hindari tidur dengan softlens

Kecuali softlens yang dirancang khusus untuk dipakai selama tidur, sebaiknya hindari tidur dengan softlens karena dapat meningkatkan risiko infeksi mata. Selain itu bersihkan wadah penyimpan softlens secara rutin dan ganti setiap beberapa bulan untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Untuk menjaga kelembapan gunakan tetes mata yang direkomendasikan dokter jika merasa mata kering saat memakai softlens, terutama jika berada di lingkungan ber-AC atau berangin.

4. Periksakan mata secara berkala

Rutin memeriksakan mata ke dokter mata setidaknya sekali setahun untuk memastikan kondisi mata tetap sehat. Anda juga bisa konsultasi ke dokter saat ingin membeli softlens. Lakukan pemeriksaan mata untuk mendapatkan resep yang tepat. Dokter mata akan menentukan jenis softlens yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mata Anda.

Jika memilih softlens harian itu ideal bagi yang menginginkan kenyamanan dan kebersihan maksimal tanpa perlu perawatan harian. Cocok untuk pemakaian sesekali atau pengguna aktif. Softlens bulanan lebih ekonomis jika digunakan secara rutin, namun membutuhkan perawatan harian dengan cairan pembersih. Sedangkan softlens untuk mata kering pilih softlens dengan kadar air tinggi atau yang dirancang khusus untuk menjaga kelembapan mata.

5. Pertimbangkan kualitas softlens

Pilih material berkualitas yang memungkinkan oksigen mengalir ke kornea mata, seperti hidrogel atau silikon hidrogel, untuk mencegah mata kering dan iritasi. Pastikan juga ukuran diameter dan kelengkungan softlens sesuai dengan mata Anda. Ini akan meningkatkan kenyamanan dan memastikan softlens tetap stabil di mata. Cek juga kadar air softlens. Pilih yang kadar air lebih tinggi biasanya lebih nyaman karena lebih lembap. Anda juga bisa memilih softlens yang sudah memeroleh sertifikasi dari Kementerian Kesehatan dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna, terutama generasi muda atau gen z.

Adapun salah satu softlens yang sudah memeroleh sertifikasi dari Kementerian Kesehatan yaitu honeyelens. Dalam wawancaranya, tim dari Honeyelens menyampaikan, dia melihat adanya kebutuhan akan produk softlens yang tidak hanya aman, tetapi juga mampu memenuhi ekspektasi gaya hidup modern, khususnya di kalangan gen z. "Sudah melalui pengujian klinis yang ketat, sehingga kami dapat memastikan keamanan pengguna dalam jangka panjang. Kami juga berusaha menjawab permasalahan umum yang dialami pengguna softlens, seperti kesulitan menemukan produk dengan minus yang berbeda untuk setiap mata," tulis keterangan tersebut. 

Ada banyak beragam varian softlens yang disesuaikan dengan preferensi pengguna yaitu mulai dari natural hingga yang berwarna unik, seperti ungu dan pink. "Kami ingin memastikan setiap pengguna, terlepas dari kebutuhan dan gaya mereka, dapat menemukan produk yang cocok," katanya. Dalam pengembangannya, softlens ini menggunakan teknologi terbaru dari Korea untuk menghasilkan softlens yang nyaman dan aman digunakan sepanjang hari. Bahan yang digunakan lembut dan memiliki tingkat hidrasi optimal, sehingga mata pengguna tetap segar. Desain ergonomis juga menjadi perhatian utama untuk memudahkan pemasangan dan pelepasan tanpa menyebabkan iritasi.

6. Pertimbangkan warna dan desain

Jika Anda memilih softlens berwarna, pastikan juga mempertimbangkan kenyamanan dan kesehatan. Softlens berwarna mungkin lebih tebal, jadi pastikan Anda nyaman dengan ketebalannya. Beli dari sumber tepercaya. Pastikan untuk membeli softlens dari apotek atau toko optik yang tepercaya untuk menghindari produk palsu yang bisa berbahaya bagi mata.

Topik Menarik