Daftar Miliarder hingga Selebritas Pemilik Pesawat Jet Gulfstream seperti yang Ditumpangi Erina-Kaesang

Daftar Miliarder hingga Selebritas Pemilik Pesawat Jet Gulfstream seperti yang Ditumpangi Erina-Kaesang

Berita Utama | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 09:50
share

JAKARTA, iNews.id - Pesawat Gulfstream G650 menjadi jet pribadi pilihan bagi sejumlah miliarder dan selebritas. Pesawat ini diketahui memiliki kecepatan yang mendekati supersonik dan kemampuan terbang nonstop sejauh lebih dari 8.000 mil.

Hal ini membuat berbagai kalangan semakin mudah untuk melihat mengapa pesawat ini dianggap sebagai standar emas dunia jet pribadi.

Berdasarkan keberhasilan Gulfstream G550, salah satu jet bisnis pertama yang mampu menghubungkan kota-kota Pantai Timur ke Dubai dan terbang nonstop antara Tokyo dan Paris pada tahun 2005, Gulfstream mulai mengembangkan jet pribadi yang menghasilkan G650.

Mengutip Simple Flying, Gulfstream G650 melakukan penerbangan perdananya dari Bandara Internasional Savannah/Hilton Head (SAV) pada tanggal 25 November 2009, dan beberapa bulan kemudian, saat menjalani pengujian, mencapai kecepatan tertinggi Mach 0,925 (704 mph). 

Pada Agustus 2010, perusahaan yang berkantor pusat di Savannah, Georgia, mengumumkan bahwa G650 telah mencapai kecepatan maksimum Mach 0,995 (757 mph) saat melakukan penyelaman.

Namun, pada April 2011, program Gulfstream G650 mengalami kemunduran ketika salah satu pesawat jatuh tak lama setelah lepas landas saat menguji operasi mesin tunggal. 

Setelah menentukan penyebab kecelakaan, uji terbang dilanjutkan, dan Gulfstream G650 menerima sertifikat tipe dari Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) pada 7 September 2012. Gulfstream G650 pertama dikirimkan kepada pengusaha Florida Preston Henn pada 27 Desember 2012.

Gulfstream G650 cukup laris di pasaran, meski harga jual pesawat tersebut mencapai 64,5 juta dolar AS atau setara Rp1 triliun, pembeli harus menunggu tiga tahun untuk mendapatkannya karena permintaan yang tinggi. 

Mengetahui bahwa pesawat tersebut dapat meningkatkan jangkauan G650 pada tahun 2014, Gulfstream mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan varian dengan jarak tempuh lebih jauh yang mampu terbang sejauh 7.500 mil laut (8.600 mil) dengan kecepatan jelajah Mach 0,85 (647 mph). 

Peningkatan jangkauan ini memungkinkan pesawat yang diberi nama Gulfstream G650ER untuk terbang nonstop dari Bandara Teterboro (TEB) di New Jersey ke Bandara Internasional Hong Kong (HKG) di China. Terdapat sejumlah tokoh yang memiliki Gulfstream G650ER, di antaranya CEO Tesla Elon Musk, pendiri Amazon Jeff Bezos, pendiri Microsoft Bill Gates, serta selebritas Kim Kardashian.

Meski saat ini, banyak orang lebih suka menyewa jet pribadi daripada memilikinya secara langsung, masih ada orang yang lebih suka memiliki jet pribadi daripada menyewanya. 

Hal yang sama berlaku untuk selebritas dan bintang olahraga yang menggunakan jet pribadi mereka untuk pergi dan pulang dari tempat konser dan acara olahraga. Salah satunya adalah Taylor Swift, yang memiliki dua jet pribadi Dassault Falcon 900LX. 

Meskipun penyanyi itu mungkin menyukai pesawat buatan Prancis itu, banyak orang lain yang masih lebih suka memiliki Gulfstream G650.

Sementara itu, belakangan sedang ramai dibahas terkait putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan sang istri Erina Gudono yang menggunakan jet pribadi untuk bepergian menuju Amerika Serikat (AS).

Perjalanan Kaesang ke Negeri Paman Sam tersebut dikabarkan untuk menemani Erina yang akan menjalani perkuliahan S2 di University of Pennsylvania. Namun, yang menjadi sorotan warganet keduanya terbang menggunakan pesawat jet Gulfstream.

Harga sewa pesawat jet Gulfstream ini telah viral di media sosial X. Sebab, seseorang perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membayar biaya penerbangannya.

Dari kabar yang beredar di media sosial, pesawat jet Gulfstream yang ditumpangi Kaesang-Erina berjenis Gulfstream G650ER dengan angka registrasi N588SE.

Berikut daftar miliarder hingga tokoh pemilik pesawat jet Gulfstream G650 menurut data Forbes:

- Elon Musk (tipe G650ER)
- Jeff Bezos (tipe G650ER)
- Bill Gates (tipe G650ER)
- Kim Kardashian (tipe G650ER)
- Oprah Winfrey 
- Larry Ellison 
- David Geffen 
- Laurene Powell Jobs 
- Ralph Lauren 
- Steven Spielberg 
- Nancy Walton Laurie 
- Robert Kraft 
- Ronald Perelman 
- James Simons 

Topik Menarik