Krisdayanti Mundur dari Cawali Kota Batu, Koalisi PDIP-PKS-Nasdem Retak?

Krisdayanti Mundur dari Cawali Kota Batu, Koalisi PDIP-PKS-Nasdem Retak?

Berita Utama | okezone | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 15:53
share

KOTA BATU - Mundurnya Krisdayanti dari pencalonan kepala daerah di Kota Batu membuat dinamika baru. Koalisi antara PDI Perjuangan, Partai Nasdem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) jelang Pilihan Wali (Pilwali) Kota Batu terancam bubar.

Kresna Dewanata Phrosakh, selaku bakal Cawali Batu pendamping Krisdayanti mengaku, secara koalisi ia memastikan bahwa tiga partai itu masih tetap solid, meski Kris Dayanti Trenggono dipastikan mundur dari pencalonan wali kota.

"Kami dari nasdem tetap dengan skema Awal berkoalisi dengan PDIP Dan PKS terkait pilwali di Kota Batu," ucap Kresna Dewanata Phrosakh, saat dikonfirmasi pada Jumat siang (23/8/2024).

Meski demikian, ia tak mau berspekulasi dan memberikan keterangan lebih terkait pengunduran diri KD yang sempat dipasangkan dengannya. Bagi Dewa, sapaan akrabnya, keputusan pengunduran diri KD merupakan kewenangan PDIP dan pribadi Krisdayanti sendiri.

 

"Terkait dengan mundurnya Ibu KD saya tidak memiliki kapasitas untuk mengomentari. Saya tidak ingin masuk ke wilayah tersebut, karena kita adalah paslon," ujar, pria pernah jadi anggota legislatif DPR RI dari Partai Nasdem ini.

Dewa juga menyerahkan sepenuhnya keputusan pengganti Krisdayanti ke koalisi partai politik pengusungnya. Tapi yang jelas komunikasi dan konsolidasi antar partai politik di masing-masing koalisi terus dilakukan.

 

"Terkait dengan insta story Bu KD tetap saya anggap bu KD yang paling mengerti, dan pasti akan ada penjelasan dari beliaunya, kalau saya tetap akan menunggu penjelasan beliau terkait hal tersebut. Sampai saat ini komunikasi dan persiapan-persiapan tetap kami lakukan dengan kawan-kawan koalisi," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Krisdayanti mundur dari proses pencalonan kepala daerah yang diusung oleh PDIP. Krisdayanti mundur beberapa jam setelah namanya diumumkan oleh DPP PDIP berpasangan dengan Kresna Dewanata Phrosakh, dari Partai Nasdem.

Pengunduran diri itu disampaikan melalui Instagram story-nya pada Kamis malam (22/8/2024) yang berisi "Dengan kerendahan hati Saya Memohon maaf untuk tidak mencalonkan diri Sebagai walikota Batu. saya sampaikan Permohonan maaf saya sedalam-dalamnya kepada partai PDI Perjuangan, ibu ketua umum dan masyarakat kota Batu".

Sebagai informasi Krisdayanti sebelumnya ikut mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Batu. Krisdayanti mengambil formulir diwakilkan oleh timnya, pada Senin (6/5/2024). Formulir itu kemudian ia kembalikan secara online dan fisiknya diwakilkan oleh timnya.

Nama Krisdayanti mencuat menjadi salah satu bakal Cawalkot Batu yang diusung PDI Perjuangan. Selain nama istri Raul Lemos ini, ada Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Dicky Sulaiman selaku Wakil Ketua KADIN Kota Malang Bidang Perdagangan dan Distribusi Perdagangan, Arief Wicaksono (Ketua Pemuda Demokrat Malang), Bambang Ideal (mantan hakim), Asaf Yayah (Ketua PAC PDIP Junrejo), Suwito (Pengacara), Punjul Santoso (Wakil Wali Kota Batu periode 2019-2024).

Dari 9 orang itu, empat orang di antaranya sudah mengembalikan formulir, yakni Inol Ertadiansyah, Didik Gatot Subroto, Punjul Santoso dan Kris Dayanti.

Topik Menarik