Ahli Gizi Ungkap Bekal Makanan Anak yang Kaya Gizi

Ahli Gizi Ungkap Bekal Makanan Anak yang Kaya Gizi

Berita Utama | okezone | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 13:05
share

PEMBERIAN makanan yang bergizi memegang peranan penting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Tapi, kita tidak bisa hanya memberikan makanan bergizi saja, tapi juga harus menggugah selera agar anak mau makan.

Pasalnya, Ahli Gizi Esti Nurwanti menegaskan, pemberian makanan bergizi yang tidak teratur dapat berdampak buruk pada status gizi anak. Oleh karena itu perlu perhatian khusus bagi apra orang tua.

"Pertumbuhan fisik dan perkembangan otak dapat terganggu jika anak tidak mendapatkan nutrisi penting seperti protein, serat, dan vitamin," kata ahli gizi Universitas Gadjah Mada tersebut seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, hindari anak dari terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak jenuh. Parahnya lagi, anak berisiko mengalami kelebihan berat badan atau gizi buruk karena kurang gizi. Mengonsumsi jajanan yang mengandung gula dapat meningkatkan risiko penyakit jangka panjang seperti diabetes tipe 2 dan gangguan metabolisme.

Menyiapkan makan siang yang sehat mungkin sulit bagi orang tua yang sibuk, namun ada solusi praktis yang dapat Anda terapkan, seperti menyiapkan makan siang di malam hari dan memilih pilihan menu yang sederhana dan bergizi.

Misalnya, memasak telur dan memotong sayuran atau menggunakan makanan beku yang sehat dapat menghemat waktu tanpa mengurangi kualitas makanan anak Anda. Agar pola makan anak tetap bergizi dan menggugah selera, pastikan komposisi gizi seimbang yang meliputi karbohidrat kompleks, protein berkualitas tinggi, lemak sehat, serta kecukupan vitamin dan mineral.

Karbohidrat dari beras merah, roti gandum, dan kentang menyediakan energi berkelanjutan. Protein dari telur, ayam, dan tahu membantu membangun otot dan otak.

"Jangan lupakan lemak sehat dari alpukat dan kacang-kacangan, serta vitamin dan mineral dari sayur dan buah segar. Tambahkan buah untuk anak Anda dengan mempertimbangkan variasi rasa dan tekstur agar mereka tetap mau menikmati sayuran," katanya.

"Kombinasi rasa manis alami, umami dari protein, dan kerenyahan dari sayuran segar membuat makan siang sekolah menjadi lebih kaya, tambah dia.

Sementara Brokoli matang yang renyah, dapat dipadukan dengan telur dadar mini yang lembut. Selain itu, Anda juga bisa mendesain kotak bekal agar terlihat cantik dan menambah nafsu makan anak Anda.

Menggunakan warna alami buah dan sayuran serta menciptakan karakter lucu pada makanan adalah cara yang bagus untuk membuat anak bersemangat saat makan siang. Contoh menu makan siang yang inspiratif antara lain ayam gulung dan sayur, omelet mini dengan sayur, serta buah segar seperti stroberi dan anggur.

Namun banyak orang tua yang tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan makanan bergizi dalam kehidupan sehari-hari karena keterbatasan waktu atau pekerjaan. Oleh karena itu, anak lebih cenderung mengonsumsi jajanan yang nilai gizinya rendah, seperti fast food dan jajanan manis.

Topik Menarik