Iran: Serangan ke Israel Akan Terjadi pada Saat yang Paling Mengejutkan

Iran: Serangan ke Israel Akan Terjadi pada Saat yang Paling Mengejutkan

Berita Utama | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 04:00
share

TEHERAN, iNews.id – Iran sedang mengatur waktu yang tepat untuk melancarkan serangan ke Israel sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, akhir bulan lalu. Misi Iran di PBB menyatakan, serangan itu akan menjadi kejutan besar buat Israel.

“Waktu, kondisi, dan cara respons Iran akan diatur dengan cermat untuk memastikan bahwa respons itu terjadi pada saat yang paling mengejutkan; mungkin ketika mata mereka (Israel) tertuju pada langit dan layar radar mereka, mereka akan dikejutkan dari darat—atau mungkin bahkan oleh kombinasi keduanya,” ungkap Misi Iran di PBB dalam pernyataan kepada kantor berita Sputnik, Rabu (21/8/2024).

Menurut misi diplomatik itu Pembalasan Iran akan diperhitungkan secara cermat untuk menghindari kemungkinan dampak buruk yang berpotensi memengaruhi gencatan senjata di Gaza di masa mendatang. Dikatakan pula bahwa serangan balasan itu dimaksudkan untuk menimbulkan “penyesalan yang mendalam” di kalangan pemerintahan zionis.

Ketegangan antara Iran dan Israel meningkat pascapembunuhan Haniyeh di Teheran pada akhir Juli lalu. Ketika itu, pemimpin Hamas itu sedang berada di kota itu untuk menghadiri upacara pelantikan Presiden Iran, Masoud Pezeshkian.

Iran menyebut pembunuhan itu sebagai tindakan terorisme dan pelanggaran terhadap kedaulatan nasionalnya. Karena itu, Teheran pun bersumpah untuk membalasnya.

Sekutu terkuat Israel, Amerika Serikat, sampai kini belum dapat memperkirakan kapan serangan balasan Iran akan terjadi. Beberapa prediksi yang dibuat intelijen negeri Paman Sam sebelumnya selalu meleset.

Topik Menarik