Azizah Salsha Menikah Muda di Usia 19 Tahun, Rentan Perselingkuhan dan Perceraian?

Azizah Salsha Menikah Muda di Usia 19 Tahun, Rentan Perselingkuhan dan Perceraian?

Berita Utama | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 16:30
share

RUMAH tangga punggawa timnas, Pratama Arhan dengan sang istri Azizah Salsha tengah diterpa badai. Merebak isu dugaan perselingkuhan yang dilakukan Azizah, bersama Salim Nauderer yang kala itu merupakan pacar dari Rachel Vennya.

Usia pernikahan Arhan dan Zize sendiri baru seumur jagung, keduanya menikah pada 20 Agustus 2023 di Tokyo, Jepang. Baik Arhan atau pun Zize menikah di usia yang masih terbilang sangat muda, Arhan menikah di umur 20 tahun sedangkan Zize kala itu masih 19 tahun.

Foto: Instagram @pratamaarhan8

Dengan umur yang relative masih sangat muda, apakah perselingkuhan yang dilakukan Zize adalah faktor usianya yang masih belum tepat untuk menikah? Dijelaskan oleh Carrie Krawiec, spesialis konseling untuk pasangan, sebetulnya usia ideal untuk menikah dengan kemungkinan perceraian paling kecil dalam usia pernikahan lima tahun pertama adalah di usia 28-32 tahun.

Ini disebut ' teori Goldilocks ', yang artinya adalah orang-orang pada usia ini tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, ujar Carrie, dikutip dari Washington Wedding Day, Rabu (21/8/2024)

Carrie juga menjelaskan bahwa setiap orang harus siap dan paham untuk membedakan antara yang namanya cinta sejati dan hanya cinta monyet. Tujuannya, agar tidak terlalu terpaku dengan kebiasaannya, sehingga bisa menyesuaikan gaya hidup baru dengan pasangan.

Senada dengan Carrie, Alicia Taverner, dari Rancho Counseling, menjelaskan bahwa seseorang yang menikah di usia 25 tahun, punya kemungkinan 50 persen lebih kecil mengalami perceraian daripada seseorang yang menikah pada usia 20 tahun.

Ada tingkat kedewasaan tertentu yang bisa dicapai seseorang di mana mereka kemungkinan besar akan berhasil dalam pernikahan mereka, dan itu biasanya terjadi setelah usia 25 tahun," ungkap Alicia.

"Dalam praktik saya, saya melihat pasangan yang berada di ambang perceraian adalah mereka yang menikah sebelum menemukan jati dirinya, dan sebelum mereka punya pengalaman yang menyertai masa lajang di usia 20-an, pungkasnya.

Menurut sudut pandang ilmiah, lobus frontal adalah bagian otak terakhir yang paling matang, kematangan tersebut dapat terjadi ketika sudah menginjak usia 25-30 tahun. Suatu keputusan yang dibuat sebelum usia 25 tahun, biasanya akan menjadi masalah, sebab kemampuan berkembang untuk berperilaku dengan moral dan etika yang baik belum ada.

Dengan kata lain, pernikahan remaja atau menikah di usia yang sangat muda biasanya akan gagal. Menurut laman resmi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), umur ideal untuk menikah bagi laki-laki adalah 25 tahun, sedangkan perempuan di 21 tahun.

Topik Menarik