Perempuan Jepang Tomiko Itooka Berpeluang Rebut Gelar Orang Tertua di Dunia, Usia 116 Tahun

Perempuan Jepang Tomiko Itooka Berpeluang Rebut Gelar Orang Tertua di Dunia, Usia 116 Tahun

Berita Utama | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 16:23
share

TOKYO, iNews.id - Tomiko Itooka, perempuan Jepang berusia 116 tahun, berkesempatan mewarisi gelar sebagai orang tertua di dunia oleh Guinness World Records. Dia bisa menggantikan Maria Branyas asal Spanyol yang meninggal dunia pada Senin lalu di usia 117 tahun.

Kelompok Penelitian Gerontologi di Los Angeles, Amerika Serikat, menyatakan Tomiko merupakan perempuan kelahiran 23 Mei 1908. Artinya dia sudah berusia 116 tahun dan 3 bulan saat ini. Saat ini Tomiko menetap di Kota Ashiya, Prefektur Hyogo.

Dia lahir di Osaka, anak kedua dari tiga bersaudara. Tomiko menikah di usia sekitar 20 tahun dan memiliki dua putri dan dua putra.

Selama Perang Dunia II, dia menggantikan suaminya mengoperasikan pabrik tekstil di Korea Selatan. Selain itu dia juga mengelola bisnisnya seorang diri di Jepang sambil membesarkan anak-anaknya.

Setelah suaminya meninggal pada 1979, Tomiko tinggal seorang diri di kampung halaman suaminya di Prefektur Nara selama sekitar 10 tahun.

Gelar orang tertua sebelumnya dipegang Branyas yang tinggal di Catalonia. Perempuan kelahiran 4 Maret 1907 itu sebenarnya lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat. Namun saat usia 7 tahun, keluarganya pindah ke Spanyol. Diketahui keluarga besarnya memang orang asli Spanyol.

Branyas menyandang gelar sebagai orang tertua di dunia sejak 17 Januari 2023, menggantikan perempuan asal Prancis, Lucile Randon, yang meninggal di usia 118 tahun.

Topik Menarik