Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah Tiba di Indonesia, Disambut Bak Pahlawan

Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah Tiba di Indonesia, Disambut Bak Pahlawan

Berita Utama | inews | Selasa, 13 Agustus 2024 - 01:45
share

JAKARTA, iNews.id - Dua atlet Indonesia peraih emas Olimpiade Paris 2024 Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah tiba di Tanah Air, Selasa (13/8/2024) malam WIB. Mereka disambut bak pahlawan.

Vedrriq mengantongi medali emas di cabang olahraga panjat tebing nomor speed putra. Sementara Rizki mendulang emas dari cabor angkat besi nomor 73kg putra.

Keduanya sempat ikut defile Tim Indonesia saat Closing Ceremony Olimpiade Paris, Senin (12/8/2024) dini hari WIB. Setelahnya mereka langsung bergegas dan pulang ke Tanah Air.

Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Veddriq dan Rizki mendapat sambutan meriah. Dalam Instagram Live Ketua Umum PSSI, Erick Thohir terlihat mereka datang dengan mengalungkan medali emas.

Nama keduanya menggema di Bandara. Veddriq dan Rizki kemudian dikalungkan bunga dan berfoto bersama.

Dalam acara itu terlihat hadir pula Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, Anindya Bakrie. Kemudian ada pula Erick Thohir, lalu Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Rencananya Veddriq dan Leonardo akan diundang Presiden RI Joko Widodo ke Istana. Kabarnya mereka akan diberikan bonus Rp6 miliar.

Tak hanya dua emas, Indonesia juga mendapat medali perunggu di Olimpiade Paris 2024 lewat aksi Gregoria Mariska Tunjung dari cabor bulu tangkis.

Indonesia finis di urutan ke-39 klasemen akhir Olimpiade Paris 2024 dengan raihan 2 emas dan 1 perunggu. Posisi ini jauh lebih baik dari Olimpiade Tokyo 2020 yang saat itu finis di urutan 55 dengan koleksi 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dari Filipina yang berada di peringkat 37 dengan raihan 2 emas dan 2 perunggu. Namun, Indonesia unggul dari Thailand (44), Malaysia (80), dan Singapura (84).

Topik Menarik