Profil dan Biodata Agus Gumiwan, Resmi Jabat Plt Ketua Umum Partai Golkar 

Profil dan Biodata Agus Gumiwan, Resmi Jabat Plt Ketua Umum Partai Golkar 

Berita Utama | inews | Selasa, 13 Agustus 2024 - 00:30
share

JAKARTA, iNews.id - Profil dan biodata Agus Gumiwang memuat informasi penting mengenai perjalanan karier serta latar belakang pribadi dari seorang tokoh publik yang memiliki kontribusi signifikan dalam dunia politik Indonesia.

Agus Gumiwang Kartasasmita resmi dipilih menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Ia menggantikan Airlangga Hartarto yang mengundurkan diri dari jabatannya beberapa waktu lalu. Keputusan tersebut dihasilkan dalam rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar yang digelar, Selasa (13/8/2024) malam.

"Saya diberikan amanah untuk memimpin Partai Golkar sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar," kata Agus Gumiwang dalam jumpa persnya usai rapat pleno.

Agus Gumiwang memastikan pemilihan Plt Ketua Umum Partai Golkar telah dilakukan secara musyawarah mufakat. Dalam rapat pleno, Agus Gumiwang juga mengungkapkan tugas yang telah diberikan oleh seluruh kader partai.

"Tugas utama saya sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar adalah mengantarkan Golkar menuju Rapimnas dan Munas ke-11 Partai Golkar," ujarnya.

Profil dan Biodata Agus Gumiwang

Agus Gumiwang Kartasasmita, yang akrab dipanggil AGK, lahir di Jakarta pada tanggal 3 Januari 1969.

Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara dalam keluarga Ginandjar Kartasasmita dan Yultin Harlotina. Ayahnya, Ginandjar Kartasasmita, merupakan tokoh Golkar dan pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada periode 2004-2009.

Agus memulai karier politiknya dengan bergabung dengan Partai Golkar. Pada usia 28 tahun, ia terpilih sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mewakili unsur pengusaha dari Gapensi pada periode 1997-1999.

Selanjutnya, Agus menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia untuk periode 1999-2004. Karier politiknya berlanjut sebagai anggota DPR dari Partai Golkar dalam beberapa periode berturut-turut, yaitu 2004-2009, 2009-2014, dan 2014-2019.

Pada masa pemilihan presiden 2014, Agus memilih mendukung pasangan Joko Widodo dan M. Jusuf Kalla daripada Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa yang didukung oleh DPP Golkar pimpinan Aburizal Bakrie.

Setelah pemilihan presiden, Agus mengikuti munas Golkar di Ancol, Jakarta, dan direkomendasikan sebagai wakil Ketua DPP Golkar dan Ketua Fraksi Golkar di DPR.

Agus Gumiwang juga menjabat sebagai Menteri Sosial sejak 28 Agustus 2018 hingga 20 Oktober 2019, dan saat ini menjabat sebagai Menteri Perindustrian dalam Kabinet Indonesia Maju periode 201920243.

Demikian profil dan biodata Agus Gumiwang. Semoga menginspirasi sobat iNews.id.

Topik Menarik