Angela Tanoesoedibjo Ungkap Potensi Bawang Goreng dan Tempe: Bisa Mendunia!

Angela Tanoesoedibjo Ungkap Potensi Bawang Goreng dan Tempe: Bisa Mendunia!

Berita Utama | inews | Rabu, 7 Agustus 2024 - 20:50
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak kuliner Indonesia yang memiliki potensi untuk berkembang hingga mancanegara. Selain rendang, ada juga kondimen yang tidak kalah lezat untuk dikenalkan.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, sejumlah kuliner khas Indonesia memiliki potensi besar untuk mendunia. Karena itu, Angela yang juga merupakan Ketua Umum DPP Partai Perindo ini menyebut, hal ini juga turut meningkatkan potensi ekspor di bidang kuliner. 

“Kalau kita lihat potensinya apa sih? kalau bicara culinary itu. Pertama, Indonesia mendunia, akhirnya apa? ada potensi ekspor yang bisa kita dorong,” ujar Angela Tanoesoedibjo, saat membuka kegiatan Nusantara Food and Hotel (NFH) Expo, yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Rabu, (7/8/2024).

Tak hanya rendang dari Sumatera Barat, sejumlah kuliner hingga kondimen dari daerah lain juga tak kalah mencuri perhatian. Mulai dari bawang goreng, pecel, tempe, hingga nasi goreng. 

“Bawang goreng itu kondimen terenak. Ada juga pecel. Pecel juga sempat masuk sebagai salad terenak sedunia. Di luar itu masih banyak lagi makanan-makanan Indonesia yang sudah mendunia. Seperti nasi goreng, tempe, itu mendunia,” tuturnya. 

Selain itu, Angela yang merupakan anggota Kabinet Indonesia Maju ini juga berharap, tak hanya melalui ekspor kuliner atau rempah, kehadiran restoran Indonesia di luar negeri juga diharapkan bisa semakin membuat kuliner Tanah Air semakin mendunia dan mendongkrak pariwisata Indonesia.  

“Tidak hanya ekspor rempah, tapi juga semakin banyak restoran Indonesia di luar negeri. Nah di luar itu kalau bicara dari sisi domestik, kuliner itu bisa mendongkrak pariwisata kita,” katanya. 

“Nah, jadi peluangnya besar sekali. Dan di akhir tahun 2023 Indonesia juga telah menjadi percontohan wisata gastronomi dunia tepatnya, lokasinya di Ubud, Bali. Nah jadi Indonesia betul-betul kalau udah bicara kuliner, itu sangat diakui oleh dunia,” katanya. 

Sebagai informasi, Angela Tanoesoedibjo resmi membuka kegiatan Nusantara Food and Hotel (NFH) Expo, yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Rabu (7/8/2024).

NFH Expo merupakan pameran besar yang secara perdana menampilkan beragam masakan Indonesia terbaik dan tren terkini dalam industri perhotelan. Angela lantas turut menggunting pita sebagai tanda kegiatan tersebut telah resmi dibuka.

Dia resmi membuka NFH Expo bersama dengan Direktur PT Debindo Global Expo Rafidi Iqra Muhamad, Ketua Indonesia Pastry Alliance (IPA) Chef Rahmat Kusnedi, Ketua PHRI Banten Ashok Kumar, dan beberapa jajaran terkait lainnya. 

Dalam sambutannya, Angela turut mengapresiasi pameran tersebut. "Selamat untuk Debindo Global Expo atas terlaksananya Nusantara And Food Hotel 2024. Semoga ini tentunya bukan hanya pertama dan terakhir, tapi akan terus dan semakin berkembang ke depannya,” ujar Angela, dalam sambutannya. 

Angela menilai, kegiatan seperti NFH Expo bisa menjadi wadah bagi para stakeholders, khususnya di industri kuliner dan perhotelan untuk bisa saling bekerja sama dalam mengembangkan kedua industri tersebut.

Topik Menarik