Apa Itu Family Office? Berikut Penjelasannya

Apa Itu Family Office? Berikut Penjelasannya

Berita Utama | okezone | Jum'at, 26 Juli 2024 - 13:25
share

JAKARTA - Pemerintah berencana membangun Family Office di Indonesia untuk menghimpun uang milik konglomerat baik dari dalam maupun luar negeri.

Lantas apa itu Family Office?

Berbeda dari manajer investasi biasa, family office menyediakan solusi komprehensif yang disesuaikan dengan kebutuhan keuangan dan investasi individu atau keluarga sangat kaya secara khusus dan privat.

Dalam Bahasa Indonesia, "Family Office" diterjemahkan sebagai "kantor keluarga." Namun, istilah ini berbeda dari perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh suatu keluarga, yang sering disebut sebagai perusahaan keluarga atau bisnis keluarga.

Mengutip berbagai sumber, family office merupakan sebuah perusahaan pengelolaan kekayaan pribadi yang khusus melayani individu atau keluarga dengan kekayaan sangat tinggi atau yang disebut HNWI dan UNHWI. High-Net-Worth Individual (HNWI) merupakan individu yang memiliki aset likuid setara US$1 juta atau lebih.

Adapun Ultra-High-Net-Worth Individual (UHNWI) memiliki aset liquid USD30 juta atau lebih.

Tujuan Family Office

Pendirian family office oleh keluarga atau individu super kaya biasanya bervariasi, di antaranya:

- Perencanaan Kekayaan Jangka Panjang, family office membantu keluarga dalam merencanakan dan mengelola kekayaan mereka yang sangat besar untuk mendukung kebutuhan saat ini dan lintas generasi. Ini termasuk perencanaan pajak, perencanaan warisan, dan strategi investasi.

- Manajemen Investasi, untuk mengembangkan kekayaan, family office juga bertujuan untuk mengelola portofolio investasi keluarga, termasuk saham, real estat, investasi swasta, dan lainnya. Hal ini juga untuk melindungi kekayaan keluarga melalui strategi investasi dan diversifikasi.

- Menjaga Kekayaan, kekayaan yang luar biasa besar tidak mudah untuk dijaga, family office memastikan transfer kekayaan yang efisien dan aman kepada generasi berikutnya. Ini melibatkan perencanaan warisan, dan perencanaan pajak untuk meminimalkan pajak dan menjaga kekayaan keluarga.

- Filantropi, family office membantu keluarga dalam mencapai tujuan filantropi. Ini bisa termasuk mendirikan yayasan amal dan mengelola donasi amal.

- Manajemen Gaya Hidup, sudah menjadi rahasia umum bahwa orang super kaya memiliki gaya hidup yang berbeda, misalnya koleksi mobil mahal, travelling menggunakan pesawat pribadi atau yacht, family office juga berperan untuk mengelola gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari agar tidak menggerus kekayaan.

Jenis-jenis Family Office :

- Single Family Office (SFO), sesuai dengan namanya Single-family office melayani satu keluarga kaya saja. Semua sumber daya dan layanan fokus untuk memenuhi kebutuhan keuangan, investasi, dan manajemen gaya hidup keluarga tersebut. SFO menawarkan layanan yang sangat privat dan khusus, dengan kontrol penuh oleh keluarga terhadap kekayaan mereka.

Topik Menarik