Viral Penampakan dari Dekat Salju Abadi di Indonesia, Diprediksi Hilang pada 2026

Viral Penampakan dari Dekat Salju Abadi di Indonesia, Diprediksi Hilang pada 2026

Berita Utama | inews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 15:50
share

JAKARTA, iNews.id - Gunung Carstensz Pyramid, bagian dari pegunungan Puncak Jaya, Papua, merupakan salah satu keajaiban alam yang menyimpan keindahan salju abadi di puncaknya. Namun, fenomena alam yang memikat ini diprediksi tidak akan bertahan lama. 

Menurut sejumlah penelitian, salju abadi di Carstensz Pyramid terancam hilang pada 2026, akibat pemanasan global dan perubahan iklim yang kian tak terkendali.

Mencairnya es di gunung dengan ketinggian 4.884 mdpl ini belakangan viral di media sosial. Salah satunya seperti video dari @zga2250 yang diunggah oleh @jejakpendaki. Video tersebut memperlihatkan penampakan salju abadi Carstensz yang mulai mencair.

"Penampakan salju abadi Carstensz Pyramid di Papua. Namun diprediksi salju terakhir di puncak sekitar gunung Puncak Jaya (Carstensz Pyramid), Papua, Indonesia, terancam hilang pada 2026 akibat pemanasan global dan perubahan iklim. Pengen ke gunung top 1 Indonesia ini gak?," tulis akun tersebut.

Pemandangan mencairnya salju di Carstensz mendapatkan reaksi dari berbagai warganet. Mereka banyak yang merasakan prihatin. 

"Aku belum ke situ udh mau ilang aja," kata @dru***.

"Ya Allah sedih banget," kata @nun***.

"Blm nyampe sana min," ujar @via***.

Keindahan Gunung Tertinggi di Indonesia

Carstensz Pyramid, memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Gunung ini adalah puncak tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara, menjadi bagian dari "Seven Summits", yakni tujuh puncak tertinggi di masing-masing benua, menjadikannya salah satu destinasi yang sangat diidamkan oleh para pendaki dari seluruh dunia. 

Pemandangan di puncaknya dihiasi oleh hamparan salju yang kontras dengan tanah tropis Papua, memberikan pengalaman yang luar biasa bagi siapa saja yang berhasil mencapai ketinggian ini. Namun, pemandangan tersebut kemungkinan akan menjadi kenangan. Para ahli iklim memprediksi pemanasan global yang semakin intens menyebabkan gletser di puncak Carstensz Pyramid mencair dengan cepat. Dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia bisa kehilangan satu-satunya gunung bersalju di wilayah tropis ini.

Topik Menarik