Terungkap, Sarius Indey Tersangka Baru Pemasok Senpi ke OPM Ternyata ASN Warga Jayapura

Terungkap, Sarius Indey Tersangka Baru Pemasok Senpi ke OPM Ternyata ASN Warga Jayapura

Berita Utama | inews | Sabtu, 8 Juni 2024 - 21:08
share

JAKARTA, iNews.id -Satgas Ops Damai Cartenz mengungkap tersangka baru kasus jual beli senjata api (senpi) ilegal kepada Organisasi Papua Merdeka (OPM). Tersangka bernama Sarius Indey (58 tahun) merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdomisili di Hamadi Gunung, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Kasatgas Operasi Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, dalam penangkapan itu menyita barang bukti berupa handphone (HP) dan kartu identitas Sarius Indey.

Dia menjelaskan, penangkapan Sarius Indey merupakan pengembangan dari penangkapan sebelumnya terhadap Petrus Oyaitouw yang merupakan salah satu pemasok senpi kepada OPM atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Sarius Indey, kata dia yang memberikan senpi kepada Petrus Oyaitouw.

Petrus Oyaitouw yang sebelumnya telah ditangkap dan diduga kuat terlibat dalam jaringan pemasok senjata api kepada KKB di wilayah Tabi, ujar Kombes Faizal dalam keterangannya, Sabtu (8/6/2024).

Sementara itu Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno menyampaikan, tim Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz-2024 terus mendalami kasus ini. Termasuk, kata dia menelusuri jaringan jual beli senpi ilegal yang melibatkan Sarius Indey dan Petrus Oyaitouw.

"Saat ini, Sarius Indey tengah menjalani pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut di Polda Papua. Satgas Ops Damai Cartenz-2024 terus berkomitmen untuk memberantas jaringan peredaran senjata api ilegal di Papua demi menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah ini, kata AKBP Bayu Suseno.

Topik Menarik