Vietnam Tertekan jelang Lawan Irak, Timnas Indonesia Auto Lolos Putaran 3?

Vietnam Tertekan jelang Lawan Irak, Timnas Indonesia Auto Lolos Putaran 3?

Berita Utama | inews | Sabtu, 8 Juni 2024 - 17:02
share

HANOI, iNews.id Timnas Vietnam disebut tertekan menjelang lawam Irak. Kondisi ini bisa menjadi keuntungan buat Timnas Indonesia.

Vietnam harus sowan ke Stadion Internasional Basra, markas Timnas Irak, pada matchday penentuan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

Sementara Timnas Indonesia akan menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024) malam.

Jika Tim Garuda gagal mengalahkan Timnas Filipina, maka Vietnam berpeluang untuk lolos ke putaran ketiga. Syaratnya, tim berjuluk The Golden Star itu harus menang atas Irak.

Saat ini, baru Irak yang sudah memastikan lolos dari Grup F dengan status pemuncak klasemen dengan poin 15. Indonesia duduk di peringkat kedua dengan poin 7, unggul satu angka dari Vietnam di peringkat ketiga. Sedangkan Filipina ada di peringkat keempat dengan nilai 1.

Dalam kondisi ini, Media Vietnam, Soha VN menyebut timnas negara mereka dalam tekanan. Pasalnya, selain harus menang, pasukan Kim Sang-sik juga akan berhadapan dengan atmosfer horor di Stadion Internasional Basra.

Menurut Soha VN, tekanan yang akan diberikan suporter tuan rumah sama besarnya ketika Vietnam bertanding di SUGBK.

Laga ini diprediksi akan sangat sulit bagi tim Vietnam, bukan hanya karena kekuatan tim tuan rumah namun juga karena tekanan yang sangat besar dari tribune penonton. Sejak Irak bisa kembali menjadi tuan rumah pertandingan internasional pada tahun 2021, jumlah penggemar yang datang ke stadion untuk menyemangati tim Irak selalu sangat besar, tulis Soha VN, Sabtu (8/6/2024).

Stadion Internasional Basra, tempat berlangsungnya laga Irak vs Vietnam, selalu menyambut rekor jumlah penonton meski kapasitas stadion mencapai 65.227 orang. Sebagai perbandingan, tim tandang di Stadion Basra akan mendapat tekanan besar dari tribune penonton, tak berbeda dengan perjalanan ke Indonesia saat bermain di Stadion Bung Karno, sambung tulisan tersebut.

Tentunya, tekanan besar yang sedang dihadapi oleh Vietnam akan menjadi keuntungan buat Timnas Indonesia. Sebab, Skuad Garuda tengah berharap Vietnam kalah dari Irak sembari memantapkan diri untuk mengunci tiga poin atas Filipina.

Jika skenario itu berhasil, Timnas Indonesia dipastikan akan menyusul Irak lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat kedua Grup F dengan koleksi tujuh poin, unggul satu angka atas Vietnam.

Topik Menarik