Banjir di Kubu Raya Rendam 2 Desa, 5.075 Jiwa Terdampak

Banjir di Kubu Raya Rendam 2 Desa, 5.075 Jiwa Terdampak

Berita Utama | inews | Kamis, 6 Juni 2024 - 07:20
share

JAKARTA, iNews.id - Banjir merendam dua desa di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat dalam beberapa hari terakhir hingga Rabu (5/6/2024). DataBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, 5.075 jiwa terdampak akibat bencana banjir ini.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir melanda lima desa di Kecamatan Sungai Ambawang, Rasau Jaya dan Kuala Mandor B sejak Minggu (12/5/2024). Desa terdampak yakniPasak Piang, Mega Timur, Retok, Rasau Jaya Umum dan Kuala Mandor A.

"Dari peristiwa itu dilaporkan terdapat 32 kepala keluarga mengungsi secara mandiri ke tempat kerabat yang lebih aman, namun hari ini semua sudah kembali ke rumah masing masing," ujarnya, Kamis (6/6/2024).

Kondisi terkini, dua desa yang masih tergenang yakni Desa Retok dan Kuala Mandor A di wilayah Kecamatan Kuala Mandor B. Data diperoleh ada 215 kepala keluarga (KK) atau 689 jiwa warga Desa Retok masih terendam banjir dengan ketinggian mencapai 180 sentimeter.

Sementara di Desa Kuala Mandor A terdapat 1.152 KK atau 4.326 jiwa turut terendam banjir dengan tinggi hingga 170 cm.Sehingga total warga terdampak banjir di dua desa itu sebanyak 5.075 jiwa.

BPBD Kabupaten Kubu Raya juga telah melakukan penanganan darurat banjir seperti pendataan, evakuasi korban dan juga monitoring. Selain ituberkoordinasi dengan BPBD Kalbar untuk penanganan lebih lanjut.

Dinas Kesehatan juga turun untuk melakukan pelayanan kesehatan bagi warga terdampak. Kemudian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pun langsung melakukan penanganan terkait dokumen kependudukan yang rusak.

Untuk antisipasi kemungkinan terjadinya banjir, BPBD melalui jejaring pihak kecamatan, desa dan destana (desa angguh bencana) untuk menginformasikan kepada warga agar berhati-hati kemungkinan potensi cuaca buruk.

Topik Menarik