Kemenkes Beri Tips Hidup Sehat di Lingkungan Pekerja, Deteksi Dini hingga Olahraga!

Kemenkes Beri Tips Hidup Sehat di Lingkungan Pekerja, Deteksi Dini hingga Olahraga!

Berita Utama | inews | Rabu, 5 Juni 2024 - 01:00
share

JAKARTA, iNews.id - Kesehatan pekerja merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan harmonis. Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan kesehatan pekerja melalui berbagai program dan inisiatif, yang bertujuan menciptakan kebiasaan hidup sehat di tempat kerja.

Program ini bertujuan mempromosikan kesehatan di tempat kerja melalui berbagai aktivitas, seperti pemeriksaan kesehatan berkala, edukasi tentang gaya hidup sehat, dan dukungan kesehatan mental. Melalui program ini, diharapkan pekerja dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan kebiasaan hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari.

Maka itu, Kementerian Kesehatan aktif bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk mempromosikan kesehatan di tempat kerja. Salah satu contoh terbaru adalah kolaborasi dengan Otsuka Group yang ditandai dengan penandatangan kerja sama pada acara Otsuka Run 2024 yang diikuti oleh lebih dari 1.000 pekerja dan ASN Runner dari Kementerian Kesehatan.

Maria Endang Sumiwi selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dari Kementerian Kesehatan mengatakan, dia mengapresiasi upaya yang dilakukan Otsuka Group dalam mendorong terciptanya kebiasaan hidup sehat di tempat kerja.

"Kerja sama ini sangat penting agar menjadi agent of change dan dapat dijadikan contoh bagi perusahan lain agar semakin banyak perusahaan melakukan hal yang sama demi mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih sehat," kata Maria Endang melalui keterangannya belum lama ini.

Sudarmadi Widodo selaku HCD & Corporate Communications Director Otsuka Group, menyatakan dia percaya pekerja adalah aset paling berharga yang mendorong pola hidup sehat. "Maka kami berinvestasi dalam kesejahteraan dan produktivitas mereka. Kolaborasi kami dengan Kementerian Kesehatan mencerminkan dedikasi kami terhadap hal ini untuk memulai perjalanan yang berkelanjutan menciptakan karyawan bugar, produktif serta lingkungan kerja yang lebih sehat," kata Sudarmadi.

Program kesehatan pekerja meliputi pemeriksaan kesehatan berkala, memastikan deteksi dini dan penanganan masalah kesehatan, kampanye aktivitas kebugaran dengan membentuk Club Hobbies yang mengakomodir berbagai kegiatan olah raga sesuai dengan minat masing-masing antara seperti Lari, basket, bulu tangkis, tenis, futsal, yoga, zumba, poundfit dan lain-lain yang akan difasilitasi oleh perusahaan.

"Pemberikan edukasi nutrisi bagi para pekerja juga akan dilakukan oleh ahli gizi untuk memberikan panduan tentang kebiasaan makan makanan sehat dan gizi seimbang," katanya.

Dukungan kesehatan mental juga menjadi salah satu inisiatif yang diusung melalui program kesadaran kesehatan mental dan akses layanan konseling untuk mendukung kesejahteraan mental pekerja.

Topik Menarik