Mengulik Apa Sebenarnya Tugas Densus 88 yang Diduga Buntuti Jampidsus Kejagung

Mengulik Apa Sebenarnya Tugas Densus 88 yang Diduga Buntuti Jampidsus Kejagung

Berita Utama | okezone | Rabu, 5 Juni 2024 - 14:10
share

MABES POLRI membenarkan soal penguntitan Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus (Jampidsus), Febrie Adriansyah oleh oknum anggota Densus 88 Antiteror Polri yang bernama Bripda Iqbal Mustofa. Dan saat ini, Bripda Iqbal masih dilakukan pemeriksaan oleh Divisi Propam Polri setelah melakukan penguntitan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho menegaskan, anggota atas nama Bripda Iqbal Mustofa tersebut sudah diperiksa Divisi Propam Polri setelah melakukan penguntitan.

Sandi juga mengungkap, berdasarkan hasil pemeriksaan, tidak ada masalah apapun yang ditemukan. Bahkan, dia menegaskan bahwa kedua lembaga yakni Polri dan Kejaksaan, tidak memiliki masalah. Namun ia tidak memerinci ketika ditanya siapa yang memerintahkan anggota Densus 88, serta motif penguntitan Jampidsus tersebut.

Lalu apa sebenarnya tugas Densus 88 Antiteror Polri ?

Satuan khusus ini sudah banyak dikenal masyarakat terkait tugasnya yang berkaitan dengan pemberantasan terorisme. Berbicara terkait tugas Densus 88 Antiteror, kebanyakan orang berpikir mungkin hanya menangani aksi terorisme saja. Namun, sebenarnya tugas dari satuan khusus ini lebih dari itu.

Satuan yang terbentuk pada tahun 2003 ini telah menjadi unsur pelaksana pokok bidang penanggulangan tindak pidana terorisme di Indonesia. Anggota Densus 88 AT dilatih khusus untuk menangani segala jenis ancaman terorisme baik terkait kelompok bersenjata maupun teror bom. Karena itu, satuan ini dibentuk secara khusus agar setiap anggotanya memiliki kemampuan menangani gangguan teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan.

Tugas Densus 88 Antiteror Polri Pada dasarnya tugas Densus 88 memanglah sangat berkaitan dengan penanggulangan dan penindakan aksi terorisme. Dalam tugasnya itu, mereka bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan intelijen, pencegahan, penindakan, penyidikan, identifikasi, dan sosialisasi terkait terorisme.

Topik Menarik