Arab Saudi Perketat Pemeriksaan Jelang Puncak Haji

Arab Saudi Perketat Pemeriksaan Jelang Puncak Haji

Berita Utama | inews | Sabtu, 8 Juni 2024 - 21:26
share

MAKKAH, iNews.id - Otoritas Arab Saudi memperketat pemeriksaan terhadap setiap orang yang ingin memasuki Kota Makkah menjelang puncak musim Haji 2024. Arab Saudi akan memastikan kelancaran dan keamanan ibadah haji bagi para jemaah.

Petugas 911 Saudi Arabia melakukan pemeriksaan secara detail terhadap setiap kendaraan yang ingin memasuki Makkah, baik dari arah Jeddah maupun Madinah. Dari pantauan di Tanah Suci, Jumat (8/6/2024), pemeriksaan ini meliputi paspor, visa haji, dan dokumen lainnya.

Bagi jemaah yang datang dari Jeddah, terdapat dua titik pemeriksaan sebelum memasuki Makkah, yaitu di Shumaisi dan Zaidi. Pemeriksaan terketat dilakukan di Al Jumum, gerbang masuk utama Makkah.

Pemeriksaan ketat ini diberlakukan khususnya bagi mereka yang tidak memiliki visa haji. Pemerintah Saudi melarang penggunaan visa non-haji selama puncak haji yang dijadwalkan berlangsung pada 14 Juni 2024.

Pintu masuk Makkah juga akan ditutup pada H-5 puncak haji.

Bagi para jemaah haji, khususnya dari Indonesia, diimbau untuk selalu membawa dokumen yang diperlukan, seperti paspor dan visa haji. Sebaiknya simpan dokumen tersebut di dalam handphone untuk berjaga-jaga jika hilang atau tercecer.

Topik Menarik