PSSI Optimistis Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia vs Filipina

PSSI Optimistis Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia vs Filipina

Berita Utama | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 14:42
share

JAKARTA, iNews.id PSSI optimistis Calvin Verdonk bisa membela Timnas Indonesia saat menjamu Filipina pada matchday 6 Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga tersebut bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Optimisme itu diutarakan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi. Dia yakin Calvin Verdonk bisa membela Timnas Indonesia saat melawan Filipina. Pasalnya, saat ini proses naturalisasi pemain itu terus dikebut.

Yunus mengatakan, Calvin memang belum memungkinkan tampil membela Tim Garuda saat menjamu Irak, Kamis (6/6/2024). Sebab, proses naturalisasi pemain keturunan itu baru direstui DPR RI, Selasa (6/6/2024) hari ini. Masih ada beberapa proses lagi yang harus dijalani.

"Kami lagi target untuk Calvin ini (main melawan) Filipina. Kalau Irak, kan tinggal sekian hari (sudah mendekati)," kata Yunus di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Dia mengatakan, semua pihak memang sedang bekerja keras untuk merampungkan naturalisasi pemain itu. Jadi, pihaknya meminta publik sepak bola Indonesia harus bersabar.

"Kami akan mencoba semaksimal mungkin. Pak Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo akan memberikan dukungan khusus untuk support naturalisasi. Hari ini kita maraton lagi Setneg dan Kemenkumham," ujarnya.

Yunus mengatakan tenaga Calvin memang dibutuhkan tim asuhan Shin Tae-yong itu untuk menambah kekuatan Skuad Garuda. Kini Timnas Indonesia sedang berjuang untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini, puncak klasemen Grup F masih dikuasai Irak dengan poin 12. Timnas Indonesia ada di posisi kedua dengan poin 7, dikuntit Vietnam di posisi ketiga dengan poin 3. Sementara Filipina ada di posisi keempat dengan poin 1.

Tim Garuda butuh minimal satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sekaligus memastikan tiket putaran final Piala Asia 2027.

Topik Menarik