Naik Motor Nias-Jakarta Sejauh 3.500 Km, Perjuangan Aktivis Joni Warsito Berbuah Manis

Naik Motor Nias-Jakarta Sejauh 3.500 Km, Perjuangan Aktivis Joni Warsito Berbuah Manis

Berita Utama | okezone | Minggu, 2 Juni 2024 - 05:05
share

NIAS - Masih ingat Joni Warsito Waruwu, tahun lalu ia membuat gempar dengan aksi nekatnya mengendarai dari Nias ke Jakarta menyampaikan aspirasi ke Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemdikbudristekdikti).

Saat itu, dia datang ke Jakarta menginjakan kaki ke kantor Kemendikbudriatek menuntut Kemdikbudristekdikti untuk menjadikan Nias sebagai tempat tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Siapa sangka, perjuangan panjangnya itu tak sia-sia membuahkan hasil. Tahun ini, ujian SNBT sudah diselenggarakan di Nias, (30/4/2024) lalu. Total 1162 peserta di 2 lokasi pelaksanaan UTBK-SNBT di Kepulauan Nias yakni di SMAN1 Gunungsitoli dan SMKN 1 Teluk Dalam.

Dalam hal ini, tak lupa ia berterimakasih kepada tokoh Nias di Jakarta, Leader DS Daeli, yang membantu memfasilitasi perjuangannya itu selama di Jakarta. Untuk sampai di Jakarta sendiri ia menempuh perjalanan sejauh 3.500 Km selama 9 hari.

"Untuk semua masyarakat Nias, kita harus tahu bahwa kesuksesan saat ini tidak lepas dari bantuan tokoh Nias, Leader Daeli. Dengan beliau kita juga difasilitasi ke media Nasional MNC, iNews, Sindo dan sebagainya," ujar Joni dalam video singkatnya yang diterima iNews Media Group , Sabtu (1/6/2024).

Menurut dia, perjuangannya itu di up oleh media Nasional tersebut, dan akhirnya pelaksanaan ujian UTBK-SNBT dilaksanakan di Kepulauan Nias.

"Dengan pelaksanaan ujian UTBK-SNBT ini, banyak anak-anak Nias yang terbantu punya kesempatan merasakan ujian di Kepulauan Nias sendiri," katanya.

Topik Menarik