Basuki Jelaskan soal Gaji Pekerja Dipotong Tapera: Itu Tabungan, Bukan Uang Hilang

Basuki Jelaskan soal Gaji Pekerja Dipotong Tapera: Itu Tabungan, Bukan Uang Hilang

Berita Utama | inews | Selasa, 28 Mei 2024 - 15:51
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono buka suara soal gaji pekerja yang dipotong untuk Tapera. Menurutnya potongan tersebut pada dasarnya merupakan tabungan dan bukan merupakan uang hilang.

"Tapera itu tabungan, bukan dipotong terus menjadi uang hilang. Itu tabungannya anggota untuk nanti dia mendapatkan mendapatkan bantuan untuk membangun rumahnya. Itu sudah sejak 5 tahun yang lalu," ucap Basuki saat konferensi pers di JCC Senayan, Selasa (28/5/2024).

Basuki menjelaskan konsep Tapera diberlakukan sama halnya dengan jaminan sosial dan kesehatan yang sudah diterapkan saat ini. Dia mengatakan meski sudah disepakati pada lima tahun yang lalu, Kementerian Keuangan belum mau langsung menerapkan kebijakan Tapera saat itu.

"Menurut Bu Menkeu, Tapera ditinjau untuk membina kredibilitas dulu. Jadi tidak langsung kena pada tahun pertama dulunya," katanya.

Namun, kata Basuki, dikarenakan aturan sudah siap secara kredibilitas, penerapan Tapera baru disahkan Presiden Jokowi melalui PP Nomor 21 Tahun 2024 tersebut.

Klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

"Nah ini sudah 5 tahun, sudah ganti, pergantian para pengurus kan. Nah ini dimulai dengan, sudah disetujunya oleh Bapak Presiden," ucap Basuki.

Perihal kapan waktu penerapan pemotongan 3 persen dari gaji untuk Tapera, Basuki tidak menjawabnya secara lugas. Ia tak mau menjawab lantaran mengaku belum membaca beleid yang dimaksud.

"Saya belum baca persis itu PP-nya. Belum-belum tahu saya. Mohon maaf," ujar Basuki.

Sementara itu, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 tentang perubahan atas PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) pada 20 Mei 2024, menuai kontra. Pasalnya, PP Nomor 21 tersebut mewajibkan setiap pekerja termasuk karyawan swasta akan dipotong gajinya sebesar 3 persen untuk Tapera tersebut.

Topik Menarik