Periskop 2024: Bencana Alam Masih Mengintai Indonesia, Waspadalah!

Periskop 2024: Bencana Alam Masih Mengintai Indonesia, Waspadalah!

Berita Utama | okezone | Rabu, 10 Januari 2024 - 06:20
share

JAKARTA - Memasuki awal tahun 2024, bencana alam menerjang Indonesia secara bertubi-tubi. Tak sedikit yang menjadi korban.

Harus diakui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang rawan bencana alam. Mulai dari gempa bumi, gunung meletus, hingga bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi merupakan fenomena bencana alam atau proses merusak yang terjadi di atmosfer (meteorologi), air (hidrologi), atau lautan (oseanografi), demikian menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hidrometeorologi dapat menyebabkan hilangnya nyawa, cedera atau dampak kesehatan lainnya, kerusakan harta benda, hilangnya mata pencaharian dan layanan, gangguan sosial dan ekonomi, atau kerusakan lingkungan.

Beberapa contoh bencana hidrometeorologi meliputi curah hujan ekstrem, angin kencang, tanah longsor, banjir, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, puting beliung.

Indonesia menjadi daerah rawan bencana karena sejumlah faktor. Di antaranya karena berada di cincin api pasifik, yang merupakan tempat bertemunya lempeng tektonik.

Selain itu, juga membentuk banyak gunung api. Tak heran di Indonesia masih banyak gunung api yang masih aktif hingga sekarang.

Wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi. Indonesia berada di garis khatulistiwa. Kondisi tersebut membuat Indonesia rentan diterjang badai atau angin kencang maupun siklon tropis.

Topik Menarik