Deretan PO Bus Mengusung Nama Identik Indonesia, Ada Merdeka hingga Nusantara

Deretan PO Bus Mengusung Nama Identik Indonesia, Ada Merdeka hingga Nusantara

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 2 Maret 2023 - 19:20
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak perusahaan otobus (PO) yang beroperasi di Indonesia. Ini lantaran bus merupakan moda transportasi favorit masyarakat di Tanah Air.

Setiap PO bus di Indonesia memiliki standar pelayanan yang berbeda. Salah satunya dalam penyematan nama.

Banyak PO bus yang menyematkan nama indetik dengan Indonesia. PO bus mana sajakah itu? Dirangkum iNews.id, berikut PO bus yang mengusung nama identik dengan Indonesia.

1. PO Merdeka

width=560

Perusahaan otobus (PO) Merdeka mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya Ciamis. PO bus ini didirikan oleh H Idris Suherman pada 1969 dengan era kejayaannya pada 1970-an.

PO Merdeka cukup melegenda sempat menguasai rute di wilayah Priangan Timur, mencakup Garut, Tasik, Ciamis dan Pangandaran. Namun memasuki 2000-an, bisnis Merdeka mulai terombang-ambing lantaran banyaknya pesaing yang ikut mengisi trayek mereka.

Saat ini, PO Merdeka masih berusaha bangkit merebut kembali kejayaannya yang telah sirna. Adapun cara mereka untuk bangkit dengan mulai memberikan penyegaran pada armadanya.

2. PO Bintang Khatulistiwa

width=560

Bintang Khatulistiwa merupakan PO bus asal Makassar, Sulawesi Selatan yang sukses, meskipun awalnya didirikan dengan hanya bermodalkan nekat. PO tersebut punya armada bus super mewah yang dilengkapi kursi nyaman dengan leg rest tebal.

Menariknya, PO Bintang Khatulistiwa dikelola perempuan cantik bernama Widia Antarista. Dia dimentori sang ayah walau di awal merintis usaha tidak tahu banyak tentang pengelolaan PO bus.

3. PO Bhinneka

width=560

PO Binneka berdiri pada 1973 di kota Cirebon, Jawa Barat. PO bus ini kemudian berkembang di Kota Bandung dengan mendirikan PO Bhinneka Sangkuriang pada 1989. Perusahaan ini menjadi anak usaha dari PO Bhinneka.

Mereka selalu mengevaluasi bisnisnya dengan mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpang. Bus ini sekarang melayani penyewaan dari Jakarta, Tangerang Kota dan sekitarnya PP, serta menjadi bus antar jemput.

4. PO Khatulistiwa Trans

width=560

Khatulistiwa Trans merupakan PO bus berasal dari pulau Sulawesi. PO bus ini menawarkan layanan super mewah bak hotel berjalan. Penumpang bukan hanya bisa full rebahan tapi juga memiliki sekat privasi yang semakin menambah kenyamanan.

Desainnya pun sangat kekinian. Setiap seat yang dihadirkan mengusung konsep hotel kapsul sangat nyaman.

5. PO Nusantara

width=560

Nusantara merupakan PO bus asal Aceh. Nusantara mungkin bisa jadi salah satu PO bus tercepat di Indonesia saat ini karena mampu mencapai kecepatan 200 km/jam di jalanan. Ini karena tenaga dari kendaraannya yang sangat besar.

Nusantara juga dikenal dengan armadanya yang mewah dari berbagai merek. Kini PO Nusantara melayanai trayek kota-kota besar di Pulau Jawa, antara lain Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon, Bandung hingga Surabaya.

Topik Menarik