Misteri Peta Indonesia di Trofi Piala Dunia

Misteri Peta Indonesia di Trofi Piala Dunia

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 16 Desember 2022 - 03:55
share

MISTERI peta Indonesia di trofi Piala Dunia menuai rasa penasaran publik. Masyarakat Indonesia tentunya patut bangga akan keberadaan peta Tanah Air itu di trofi sebergengsi Piala Dunia.

Trofi Piala Dunia menyimpan sejumlah fakta yang tak banyak orang tahu. Pada trofi Piala Dunia, terdapat peta Indonesia. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) membenarkan hal tersebut.

Peta Indonesai di Trofi Piala Dunia 2022

Melalui media sosial resmi Twitter, pihak Kemenpora RI mengatakan bahwa peta Indonesia terdapat pada trofi Piala Dunia. Menariknya, peta Indonesia terdapat pada bagian depan.

Masyarakat Indonesia tentu merasa penasaran sekaligus takjub akan hal itu. Melalui artikel ini, Okezone akan membahas misteri peta Indonesia di trofi Piala Dunia.

Misteri Peta Indonesia di Trofi Piala Dunia

Trofi Jules Rimet merupakan hadiah paling berharga di Piala Dunia. Tim nasional dari berbagai negara berambisi memperebutkan trofi tersebut. Hanya tim terkuatlah yang mampu bertahan hingga akhir.

Sejarah trofi Piala Dunia bermula pada Piala Dunia 1930-1970. Awalnya, trofi Piala Dunia bernama Victory. Kemudian, namanya berubah menjadi trofi Jules Rimet, presiden ketiga FIFA.

Perubahan nama tersebut untuk menghormati Jules Rimet sebagai pencipta Piala Dunia. Ia juga merupakan presiden terlama FIFA yang menjabat selama 33 tahun.

Belum terdapat peta Indonesia pada trofi Piala Dunia pertama. Keunikan terlihat pada trofi Piala Dunia kedua ciptaan Silvio Gazzaniga. Pasalnya, Gazzaniga menaruh peta Indonesia tepat di atas kedua tangan Dewi Yunani bernama Nike.

Dalam sejarah Yunani, Nike adalah dewi kemenangan dan keberhasilan. Itulah mengapa sosoknya terukir di trofi Piala Dunia. Lantas bagaimana dengan peta Indonesia?

Diketahui, Silvio Gazzaniga sangat terinspirasi dengan Indonesia. Ia meyakini suatu saat Indonesia dapat menang di Piala Dunia. Gazzaniga meletakan peta Indonesia pada bagian depan trofi Piala Dunia.

Trofi Piala Dunia

Bahkan, detail peta Indonesia pada trofi itu sangat jelas. Gambar peta Indonesia juga paling utuh dan tak terpotong sama sekali. Masyarakat Indonesia tentunya merasa terhormat atas apa yang Silvio Gazzaniga lakukan.

Peluang Indonesia melenggang ke Piala Dunia pun sebenarnya ada. FIFA telah mengeluarkan wacana untuk menambah negara partisipan Piala Dunia pada 2026. Kiranya, ada 48 negara akan berpartisipasi pada ajang tersebut.

Demikian informasi mengenai misteri peta Indonesia di trofi Piala Dunia.

Topik Menarik