Polres Batu Intensifkan Kegiatan Polisi RW Sambangi Desa Menyambut Pilkada 2024

Polres Batu Intensifkan Kegiatan Polisi RW Sambangi Desa Menyambut Pilkada 2024

Berita Utama | batu.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 13:30
share

KOTA BATU, iNewsBatu.id-Menjelang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Batu, Polres Batu memperkuat program Polisi RW dengan melakukan kegiatan sambang desa secara intensif. Langkah ini untuk memastikan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di tingkat desa berjalan lancar.

Program Polisi RW, yang baru saja diluncurkan, langsung bergerak aktif mengikuti arahan Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranatha. 

Dalam upaya ini, Polisi RW diinstruksikan untuk mendampingi Bhabinkamtibmas dalam menjaga stabilitas keamanan di tingkat desa agar semakin efektif.

Kegiatan sambang desa yang dilakukan oleh personel Polisi RW melibatkan dialog langsung dengan tokoh masyarakat, perangkat desa, hingga warga setempat

 Ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga situasi tetap kondusif selama masa Pilkada 2024.

Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranatha, menjelaskan, program Polisi RW untuk menjaga Harkamtibmas di lingkungan terkecil, dengan fokus pada penguatan hubungan antara polisi dan masyarakat.

"Polisi RW akan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk Kapolsek, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa, terutama dalam hal informasi terkait keamanan dan ketertiban," kata Andi, Senin (30/9/2024).

Menurutnya, salah satu tugas utama Polisi RW adalah menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis.

"Polisi akan melakukan penilaian keamanan bersama ketua RW dan masyarakat setempat untuk mewujudkan RW yang sejuk dan aman," lanjutnya.

Program Polisi RW ini dirancang untuk mencegah konflik sosial serta menjaga ketertiban di lingkungan terkecil, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman.

"Diharapkan dengan adanya Polisi RW, permasalahan yang muncul dapat segera diselesaikan dan potensi tindak kejahatan bisa dicegah, terutama menjelang Pilkada Kota Batu tahun ini," pungkas Andi.

Topik Menarik