DAP-Common Room Gelar ICT Camp 2024 di Ciracap, Perkuat Konektivitas Pedesaan dan Ketahanan Iklim

DAP-Common Room Gelar ICT Camp 2024 di Ciracap, Perkuat Konektivitas Pedesaan dan Ketahanan Iklim

Terkini | bandungraya.inews.id | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 15:20
share

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Digital Access Programme (DAP) bekerjasama dengan Common Room Networks Foundation (Common Room) akan menggelar Rural ICT Camp 2024 dengan tema 'Kontektivitas Pedesaan dan Ketahana Iklim'.

Rural ICT Camp 2024 yang kelima ini akan berlangsung di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi pada 7-11 Oktober 2024 mendatang.

Sebelumnya, Rural ICT Camp pertama dan kedua (2020 & 2021) diadakan di Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Pada 2022, Rural ICT Camp dilaksanakan di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Di 2023, kegiatan ini digelar di Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

 

Direktur Common Room, Gustaff Harrimun Iskandar mengatakan, Rural ICT Camp yang kelima ini telah berkembang dengan melibatkan perwakilan pemerintah, lembaga donor, pemerintah daerah, aktivis TIK pedesaan, serta perwakilan dari peserta program Sekolah Internet Komunitas (SIK) dari 11 lokasi yang tersebar di 10 Provinsi di Indonesia.

"Internet komunitas sangat penting untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan & meningkatkan ketahanan iklim. Keterlibatan warga dapat memperkuat konektivitas pedesaan & pemanfaatan internet yang bermakna," kata Gustaf di Jalan Djuanda, Sabtu (5/10/2024).

Gustaf memaparkan, fenomena perubahan iklim yang ditandai dengan cuaca ekstrem saat ini sangat mempengaruhi kondisi ekonomi dan sosial di wilayah pedesaan, termasuk kesenjangan yang menghambat pembangunan.

Selain perubahan iklim, masalah lain terkait kesennjangan digital yang membatasi akses terhadap informasi, pendidikan dan peluang ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan secara keseluruhan.

Karena hal tersebut, perlu adanya tindakan nyata demi memperbaiki konektivitas di pedesaan, sekaligus memperkuat ketahanan lokal dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

 

"Rural ICT Camp 2024 akan digelar secara hybrid dengan aktivitas online dan on-site di 4 desa yang berada di wilayah Kecamatan Ciracap. Salah satu sesi utama di ajang ini adalah Dialog Kebijakan Nasional dengan tema 'Konektivitas Pedesaan dan Ketahanan Iklim Dalam Kerangka RPJMN 2025-2029'," jelas Gustaff.

"Selain itu, akan ada kegiatan DAP Global Learning Event yang akan menjadi ajang pertukaran pengetahuan di antara peserta Sekolah Internet Komunitas dengan beberapa perwakilan mitra lembaga dari dalam dan luar negeri, termasuk perwakilan dari Kedutaan Besar Inggris," tambahnya.

Pada acara ini juga, bakal diisi kegiatan pelepasan tukik yang bertempat di Balai Konservasi Penyu Pangumbahan, serta lokakarya pemanfaatan akses internet untuk pemantauan cuaca (weather station), dan pengurangan risiko bencana (PRB).

Sementara itu, pengelola program Sekolah Internet Komunitas di Kecamatan Ciracap, Dede Irawan mengatakan bangga jika wilayahnya menjadi tuan rumah Rucal ICT 2024.

Pasalnya, sejak tergabung dalam program Sekolah Internet Komunitas di 2020, awalnya wilayahnya tidak ada akses internet yang pada saat itu menghambat kegiatan pendidikan.

 

"Apalagi saat pandemi COVID-19, kami tidak bisa melakukan kegiatan belajar secara luring. Namun, pada 2021 saat akses mulai terbangun, kami sebagai tenaga pendidik secara tidak langsung memberikan dampak layanan pendidikan lebih profesional, seperti memudahkan pembelajaran, tidak terfokus pada satu sumber seperti buku paket yang ada di sekolah," paparnya.

Dede pun berharap nantinya akan terjalin kerja sama dengan pemerintah setempat untuk mengembangkan program, sekaligus memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Rencananya, Rural ICT Camp 2024 ini akan ditutup dengan penampilan dari grup wayang Pancanaka dari Desa Pasir Panjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Dengan lakon mengenai pentingnya literasi digital dalam menggunakan internet dan mencerna setiap informasi yang diterima warga.

Rencananya, Rural ICT Camp 2024 ini akan ditutup dengan penampilan dari grup wayang Pancanaka dari Desa Pasir Panjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Dengan lakon mengenai pentingnya literasi digital dalam menggunakan internet dan mencerna setiap informasi yang diterima warga.

Topik Menarik