4 Paslon Cagub dan Cawagub Jabar Deklarasi Kampanye Damai

4 Paslon Cagub dan Cawagub Jabar Deklarasi Kampanye Damai

Terkini | bandungraya.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 22:10
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Keempat pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Barat dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024, resmi mendeklarasikan kampanye damai.

Adapun keempat paslon cagub-cawagub Jabar 2024 itu yakni Acep Adang-Gitalis Dwi Natarina, Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie, dan Dedi-Mulyadi-Erwan Setiawan 

Ikrar dan penandatanganan deklarasi kampanye damai berlangsung di Laswi Heritage, Kota Bandung, Selasa (24/9/2024).

Sebelum penandatanganan, mereka bersama-sama membaca naskah berisi deklarasi kampanye damai. Berikut isi naskah deklarasi kampanye damai yang berisi 3 poin:

1. Mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

2. ⁠Melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas tanpa hoaks, tanpa politisasi sara dan tanpa politik uang.

3. Melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Usai membacakan poin-poin deklarasi, para paslon cagub-cawagub Jabar kemudian menandatangi deklarasi kampanye damai Pilgub Jabar 2024.

Penandatanganan deklarasi kampanye damai ini juga turut diikuti oleh pemangku kepentingan lainnya, di antaranya Pj Gubernur Jabar, KPU Jabar, Bawaslu Jabar BIN Jabar, DPRD Jabar, Pangdam III/Siliwangi, Kejati Jabar, dan Polda Jabar.

Sebelumnya, Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni berharap, pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pemilih Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dapat berjalan damai serta menjadi pesta demokrasi bagi masyarakat Jabar.

"Kami KPU Provinsi Jawa Barat beserta 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat sangat berharap pelaksanaan Pilkada serentak nasional ini menjadi sebuah hajat demokrasi, pesta demokrasi masyarakat Jawa Barat," ucap Ummi.

"Sesuai dengan tema kita Pilgub Jabar sebagai inisiasi budaya demokrasi di Jawa Barat. Dan sesuai dengan tagline kami dalam pelaksanaan Pilgub Jabar, Gemilang (Gembira Memilih Langsung)," tambahnya.

 

Oleh karena itu, Ummi pun mengajak kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 27 November 2024 mendatang.

"Mengajak seluruh masyarakat di Jawa Barat untuk datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024 dengan riang gembira. Mengajak seluruh sanak keluarga masyarakat dengan hati riang gembira melaksanakan pesta demokrasi," katanya.

Topik Menarik