Buka PEPARNAS XVII Solo 2024, Presiden Jokowi Berikan Dukungan Penuh bagi Atlet Disabilitas

Buka PEPARNAS XVII Solo 2024, Presiden Jokowi Berikan Dukungan Penuh bagi Atlet Disabilitas

Nasional | badung.inews.id | Selasa, 8 Oktober 2024 - 21:30
share

SOLO, iNewsbadung.id - Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (6/10/3024) di Stadion Manahan, Surakarta. 

Pembukaan PEPARNAS XVII Solo 2024
bertema Semangat Nusantara Menembus Batas ini ditandai dengan penyalaan obor, sebagai simbol semangat, daya juang, sportifitas dan persaudaraan. 

Presiden Jokowi berkomitmen  memberikan dukungan penuh terhadap atlet penyandang disabilitas di seluruh Tanah Air. 

"Selain memiliki daya juang yang luar biasa, prestasi atlet penyandang disabilitas di Indonesia juga membanggakan," urai Jokowi.

Presiden Jokowi berharap,  PEPARNAS XVII Solo 2024 menjadi panggung kesetaraan bagi para atlet penyandang disabilitas yang akan berburu prestasi mulai Minggu (6/10/2024) sampai Minggu (13/10/3024). 

"Buat saya, Pekan Paralimpiade Nasional ini spesial. Tadi siang, saya terbang dari IKN ke Solo, khusus untuk pembukaan PEPARNAS XVII, terutama untuk bertemu para atlet, official dan peserta. Saya senang bertemu dengan bapak, ibu dan saudara, malam ini,” sambut Presiden Jokowi.

 

Keberhasilan kontingen Indonesia disebutkan Jokowi telah mencatatkan tiga kali juara umum secara beruntun di ajang ASEAN Para Games edisi 2017, 2022 dan 2023.

Melalui perhelatan PEPARNAS XVII ini,  diharapkan dapat menjadi panggung kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas yang akan berjuang meraih prestasi terbaik. 

Ajakan untuk mensukseskan PEPARNAS XVII ini disampaikan Jokowi, di mana tidak hanya menjadi  ajang melahirkan atlet-atlet potensial dan para pencetak rekor-rekor baru, namun juga panggung kesetaraan seluruh atlet penyandang disabilitas dalam menampilkan kemampuan terbaik. 

Tidak lupa, Presiden Jokowi menyerukan semangat persaudaraan dan sportivitas bagi seluruh atlet yang bertanding di PEPARNAS XVII. 

"Mari bertanding dalam suasana persaudaraan dan semangat sportivitas. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih, untuk Pemkot Solo, masyarakat Jawa Tengah atas dukungan penyelenggaraan PEPARNAS 2024,” tutur Jokowi mengakhiri pidato. 

Defile 30 kontingen, peserta PEPARNAS ini tidak hanya menampilkan squad para pejuang dengan menampilkan ciri khas masing-masing daerah di Indonesia.

 

Berbagai aksi kesenian daerah di Indonesia ditampilkan dalam pembukaan PEPARNAS XVII Solo 2024,  dari pagelaran musik sampai tari dari kelompok disabilitas yang menampilkan tarian khas kekayaan Nusantara.

Sebelumnya, penampilan Prihartono Anton tampil memukau penonton dengan lagu “Indonesia Raya”, dilanjutkan aksi drum solo, Rionaldi Halir dan gitar solo, Agung GTR, serta  suara merdu tiga penyanyi Trias Febriana, Janet Huawe dan Eta No. 

Semoga tulisan tentang Buka PEPARNAS XVII Solo 2024, Presiden Jokowi Berikan Dukungan Penuh bagi Atlet Disabilitas ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik