Klinik Utama Hortus Med Diresmikan, Dekatkan Akses Pelayanan Prima untuk Masyarakat Tawangmangu

Klinik Utama Hortus Med Diresmikan, Dekatkan Akses Pelayanan Prima untuk Masyarakat Tawangmangu

Nasional | badung.inews.id | Sabtu, 14 September 2024 - 21:40
share

KARANGANYAR, iNewsbadung.id - Dekatkan akses pelayanan kesehatan prima untuk masyarakat Tawangmangu dan Magetan, Klinik Utama Hortus Medicus (Hortus Med) diresmikan Jumat (13/9/2024). 

Menurut Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., M.M.R., kehadiran Klinik Utama Hortus Med yang merupakan bagian dari Unit Pelaksana Fungsional Pelayanan Kesehatan Tradisional (UPF Yankestrad) RSUP Dr. Sardjito ini bertujuan mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan prima walaupun berada di Tawangmangu. 

Dengan bergabungnya Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional B2P2TOOT Tawangmangu kepada RSU Dr. Sardjito Yogyakarta, disebutkan Dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., M.M.R., bahwa harapan besar sumber daya di RSUP  Dr. Sardjito bisa dibawa ke UPF Yankestrad Tawangmangu, sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat lebih besar lagi. 

Eniarti menambahakan bahwa UPF Yankestras juga membuka diri bagi sejawat-sejawat yang ada di daerah Tawangmangu dan Karanganyar untuk berpraktek di sini. 
 
"Harapan kita, klinik ini tidak hanya buka di jam kerja, tetapi bisa 24 jam. Kita membuka diri dengan kehadiran sejawat medis untuk bergabung dengan kita," ujar Eniarti usai meresmikan Klinik Utama Hortus Med. 

Terkait Klinik Utama Hortus Med UPF Yankestrad RSUP Dr. Sardjito, Eniarti menyebutkan jika saat ini memiliki  pelayanan spesialistik yakni penyakit dalam, mata, kebidanan dan anak.

 

Dalam waktu dekat, Klinik Utama Hortus Med juga akan menghadirkan pelayanan untuk syaraf dan rehab medik, di mana pelayanan ini disebutkan Eniarti sangat dibutuhkan masyarakat sekitar.

Klinik Utama Hortus Med UPF Yankestrad RSUP Dr. Sardjito ini dikatakan Eniarti juga bertujuan membangun profesionalitas dan melayani dengan sepenuh hati. 

Eniarti juga berharap, satu orang yang datang ke UPF Yankestrad RSUP Dr. Sardjito bisa membawa hal positif dan mengajak 100 atau 1.000 orang untuk datang. 

Di Klinik Utama Hortus Med ini dikatakan Eniarti menggunakan obat secara konvensional, seperti di rumah sakit, tetapi tidak menutup kemungkinan penggunaan obat tradisional, apabila masyarakat membutuhkan.

Namun saat ini Klinik Utama Hortus Med baru melayani rawat jalan, belum memiliki rawat jalan.

Jauh sebelum dibuka Klinik Utama Hortus Med, UPF Yankestrad RSUP Dr. Sardjito diakui Eniarti sudah memiliki 
Klinik Pratama. 

 

Di Klinik Pratama ini, menggunakan obat-obatan tradisional atau herbal, di mana masyarakat yang datang bukan hanya dari Tawangmangu, tetapi juga daerah lain seperti Semarang, Yogyakarta dan Jawa Timur. 

Dijelaskan Eniarti, obat-obatan tradisional yang diberikan untuk masyarakat benar-benar dari hasil riset yang dikemas dalam sebuah simplicia atau ramuan. 

"Masyarakat sudah mulai ingin kalau produk-produk UPF Yankestrad Dr. Sardjito Yogyakarya di Tawangmangu yang hasil riset bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, kebugaran dan stamina. 

Eniarti juga memberikan gambaran jika ke depan akan mengembangkan aestetik center, dengan bahan-bahan baku yang sudah ada, yakni mewujudkan back to basic, kembali ke alam. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar, Purwati, S.K.M., M.Kes., berharap kehadiran Klinik Utama Hortus Mes dapat bermanfaat bagi masyarakat Karanganyar dan Timur Tawangmangu, yakni Magetan. 

Semoga tulisan tentang Klinik Utama Hortus Med Diresmikan, Dekatkan Akses Pelayanan Prima untuk Masyarakat Tawangmangu, dapat bermanfaat bagi para pembaca dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik