Viral! Cari Kampus Raffi Ahmad di Thailand, Ditelusuri Netizen Ternyata Hotel

Viral! Cari Kampus Raffi Ahmad di Thailand, Ditelusuri Netizen Ternyata Hotel

Terkini | ttu.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 15:50
share

 

JAKARTA, iNewsTTU.id - Artis terkenal Raffi Ahmad baru-baru ini dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa oleh salah satu universitas di Thailand, yaitu Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand.

Namun, belakangan ini, netizen mulai meragukan kredibilitas dan keberadaan kampus yang memberikan gelar tersebut. Ketidakpuasan ini muncul setelah sebuah unggahan dari akun X, @ibrahimniar.

Dalam unggahan tersebut, seorang netizen Indonesia yang tinggal di Thailand mengaku penasaran dan ingin mencari tahu alamat serta lokasi kampus yang memberikan gelar kepada Raffi Ahmad.

“Sebagai warga +62 yang tinggal di Bangkok, saya penasaran dengan kampus yang memberikan gelar Doctor Honoris Causa kepada @RaffiAhmadLagi. Ini petunjuk cara menuju kampusnya dari halte bus Ratchatewi. Naik bus biru no 29, turun di halte Grand Miracle Hotel,” tulis netizen tersebut.

Netizen itu menemukan bahwa UIPM yang memberikan gelar kepada suami Nagita Slavina berada di alamat Vibharadi-Rangsit 64 Yeak 3. Namun, yang mengejutkan adalah bangunan di alamat tersebut ternyata adalah sebuah hotel.

“Taraaaa. Sampailah di Vibharadi-Rangsit 64, Yeak 3 yang ternyata hotel. Saya masuk dan bertanya ke resepsionis tentang kebenaran alamat di situs UIPM. Ternyata bukan kampus,” tambahnya.


Kampus yang memberikan gelar doktor ke Raffi Ahmad alamatnya ternyata hotel.
 

Selain itu, netizen tersebut juga mencantumkan informasi mengenai situs UIPM Thailand. Dijelaskan bahwa UIPM memiliki tiga lokasi di beberapa negara, termasuk Thailand, Rusia, Amerika Serikat, dan Indonesia, yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Sebagai informasi, UIPM adalah perguruan tinggi asing yang menerapkan pembelajaran secara daring. Berdasarkan informasi di laman resmi UIPM, kampus online ini memiliki alamat di berbagai negara.

Sementara itu, seorang netizen lainnya, @vincentstefs, yang juga tinggal di Bekasi, ikut melakukan penelusuran mengenai kampus yang memberikan gelar Doktor kepada Raffi Ahmad.

“Oke, sebagai warga Bekasi yang dekat dengan kampus yang memberi gelar ini, saya tentu penasaran,” tulisnya.

Mirip dengan situasi di Thailand, netizen itu menemukan bahwa alamat yang tertera adalah gedung perkantoran biasa. Ia menjelaskan bahwa kampus UIPM terletak di lantai 7 gedung tersebut, namun hanya menemukan ruang yang bisa disewakan.

“Ternyata vOffice adalah penyedia ruang untuk perusahaan yang ingin memiliki kantor kecil, sewa ruang rapat juga bisa. Ini daftar perusahaan yang menyewa ruang, lihat ada nama 'kampus'," tulis akun tersebut.

Momen penelusuran netizen mengenai kebenaran kampus yang memberikan gelar Doktor kepada Raffi Ahmad ini pun memicu komentar pedas dari warganet, yang juga mempertanyakan kredibilitas gelar yang diperoleh Raffi.


“Keluarganya malu gak sih?,” kata akun @ka******.

“Bisa-bisanyaa,” sambung @du*********.

“Dia gelar buat masuk kabinet doang,” tulis akun @tu*******.

Topik Menarik