5 Desa di Pacitan Pemandangannya Bikin Takjub, Ada Gua Terindah di Asia Tenggara

5 Desa di Pacitan Pemandangannya Bikin Takjub, Ada Gua Terindah di Asia Tenggara

Travel | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 10:18
share

JAKARTA, iNews.id - Desa di Pacitan sangat menarik untuk dijelajahi minimal sekali seumur hidup. Beberapa desa yang tersembunyi membuat siapa betah untuk berlama-lama.

Pacitan merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pantai-pantainya yang memesona dan gua-gua yang menakjubkan. Kabupaten ini terletak di ujung barat daya Jawa Timur, berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. 

Pacitan sering disebut sebagai "Kota 1001 Gua" karena memiliki banyak gua alam, seperti Gua Gong dan Gua Tabuhan. Selain itu, Pacitan juga terkenal dengan pantai-pantai indah seperti Pantai Klayar, Pantai Banyu Tibo, dan Pantai Srau.

Selain memiliki budaya lokal yang kental dan menjadi destinasi wisata yang menarik Pacitan juga memiliki desa menakjubkan untuk dijelajahi. 

Penasaran di mana saja desa di Pacitan yang harus sesekali dikunjungi? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (10/10/2024).

Desa di Pacitan 

1. Desa Sendang

Desa pertama yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Pacitan ada Desa Sendang yang terletak di Kecamatan Donorojo, dan dikenal dengan keindahan alam yang asri serta nuansa perdesaan yang menenangkan. Desa ini dikelilingi hamparan sawah hijau dan perbukitan. Berada di desa ini jangan lewatkan untuk singgah ke salah satu tempat wisata terkenal di sini. Ya, tempat tersebut adalah Pantai Klayar, yang memiliki batu karang unik seperti sphinx dan air mancur alami dari celah-celah batu. Pantai ini juga terkenal dengan pasir putih dan ombak besar yang cocok untuk berselancar. Desa Sendang berlokasi di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

2. Desa Kalak

Selanjutnya ada Desa Kalak. Desa ini terletak tidak jauh dari Desa Sendang, menawarkan pemandangan alam yang masih alami dengan pegunungan yang mengelilingi area ini. Suasana perdesaan yang tenang sangat cocok untuk bersantai. Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi saat ada di desa ini adalah Gua Gong, yang disebut sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Gua ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang beraneka bentuk dan warna yang menawan, menciptakan suasana magis di dalamnya. Desa Kalak berlokasi di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

3. Desa Candi

Jika ingin menikmati udara yang sejuk dengan pemandangan indah, Anda bisa singgah ke Desa Candi yang lokasinya berada di dataran tinggi. Dari sini, Anda dapat menikmati panorama Pacitan dari ketinggian. Desa Candi juga memiliki destinasi Puncak Gunung Limo yang menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbit dan terbenam, serta panorama pegunungan dan perbukitan yang memukau. Desa Candi berlokasi di Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

4. Desa Watukarung

Desa yang satu ini cocok bagi Anda yang gemar dengan suasana pantai. Desa Watukarung terletak di pinggir pantai dan terkenal dengan pemandangan alam pesisirnya yang indah. Hamparan pasir putih dan laut biru menjadikan desa ini favorit untuk para wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai. Sesuai dengan namanya, desa ini memiliki objek wisata Pantai Watukarung yang menjadi destinasi utama, populer di kalangan peselancar karena ombaknya yang besar dan stabil. Pantai ini juga memiliki spot foto yang menakjubkan dengan bebatuan karang dan pemandangan sunset yang indah. Desa Watukarung berlokasi di Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

5. Desa Sidomulyo

Terakhir ada Desa Sidomulyo yang dikelilingi perbukitan hijau dan sungai-sungai kecil. Desa ini menawarkan pemandangan yang tenang dan menyegarkan. Menjadi tempat yang cocok untuk trekking dan menikmati keindahan alam Pacitan. Di desa ini juga terdapat Air Terjun Taman yang tersembunyi di dalam hutan desa yang menjadi daya tarik utama. Air terjunnya dikelilingi bebatuan besar dan aliran air yang jernih, memberikan suasana alami dan damai. Desa Sidomulyo berlokasi di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Itulah seputar desa di Pacitan yang minimal sekali seumur hidup harus dikunjungi. Desa-desa ini memiliki keindahan alam Pacitan yang beragam, mulai dari gua, pantai, hingga perbukitan. Selamat berkunjung!

Topik Menarik