Sektor Kuliner Jadi Andalan, Intip Usaha Makanan dan Minuman Kekinian yang Viral

Sektor Kuliner Jadi Andalan, Intip Usaha Makanan dan Minuman Kekinian yang Viral

Travel | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 11:36
share

JAKARTA, iNews.id - Sektor kuliner di Indonesia menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai sub sektor penyumbang terbesar dari ekonomi kreatif, kuliner menyumbang sekitar 58,37 persen.

Tidak heran jika sektor kuliner masih diminati para pelaku kreatif untuk memulai usaha. Sebab, perlu diketahui berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, sektor makanan dan minuman telah memberikan kontribusi terbesar dalam industri waralaba. Pada 2021, industri waralaba di Indonesia menyumbang sekitar 1,9 persen dari PDB.

Dengan ekonomi yang semakin stabil dan daya beli masyarakat yang meningkat, semakin banyak pelaku kreatif yang tertarik terjun ke dunia bisnis melalui model waralaba. Tidak hanya brand lokal, banyak juga brand internasional yang melihat potensi besar di pasar Indonesia. 

Bahkan, minuman menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat dalam industri waralaba. Kali ini, Anda bisa memulai usaha dengan berbisnis makanan atau minuman kekinian yang lagi viral.

Jika ingin tahu apa saja makanan dan minuman yang lagi viral untuk dijadikan peluang usaha, Anda bisa berkunjung ke pameran FnB Franchise Indonesia (FFI) pada 9-11 Agustus di ICE BSD dan Indonesia Franchise, License & Business Concepts and Conference (IFRA) pada 16-18 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Ada banyak industri FnB yang lagi viral bisa Anda pilih. Bahkan, minuman Bingxue yang berasal China turut meramaikan pameran ini. Dalam waktu kurang dari satu tahun, telah dibuka lebih dari 200 outlet, yang menunjukkan pertumbuhan cukup signifikan. Pada pameran IFRA, Bingxue berhasil menarik 50 franchise baru. Dengan tambahan ini, total mitra di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 500.

Pertumbuhannya sebagian besar didorong oleh respons positif konsumen terhadap kualitas produk serta dukungan yang diberikan kepada mitra franchise. "Melihat perkembangan pesat bisnis kami, tidak heran jika banyak yang tertarik untuk bergabung dan membuka bisnis Bingxue," kata Andrew, anggota tim Franchise Bingxue Indonesia, melalui keterangannya.

Dia menambahkan, sektor ini tidak hanya menawarkan potensi keuntungan yang menarik, tetapi juga berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Topik Menarik