Heboh Isu Gempa Megathrust, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Tak Panik: Berwisatalah seperti Biasa

Heboh Isu Gempa Megathrust, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Tak Panik: Berwisatalah seperti Biasa

Travel | inews | Senin, 19 Agustus 2024 - 23:16
share

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan isu gempa mengathrust yang akan terjadi di Pulau Jawa. Isu ini sontak membuat masyarakat heboh bahkan takut untuk berwisata ke luar rumah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau masyarakat untuk tidak panik, namun tetap waspada saat hendak berwisata. Sandiaga mengatakan masyarakat bisa berwisata seperti biasa, namun tetap perlu memiliki bekal informasi agar tetap berwaspada.

“Tidak perlu panik. Tidak perlu khawatir dan berwisatalah seperti sediakala. Namun dengan bekal informasi ini, kita bisa tingkatkan kewaspadaan,” ujar Sandiaga Uno dalam Weekly Brief With Sandiaga Uno, di Gedung Sapta Pesona, Senin (19/8/2024).

Sandiaga mengatakan Indonesia merupakan wilayah yang rawan gempa bumi. Namun, dia mengimbau masyarakat untuk tak perlu panik serta tetap terus mengakses informasi terkait mitigasi bencana.

“Kita tetap berwisata dan kita lakukan wisata dan juga melihat informasi terkini mengenai cuaca dan akses melakui BMKG maupun sistem yang lebih detail lagi,” katanya.

Terkait sosialisasi untuk evakuasi, Sandiaga mengatakan hal ini bakal terus dilakukan dan disampaikan ke masyarakat. Dia mengungkap pemerintah juga sudah memiliki sistem informasi untuk menanggulangi bencana.

Nantinya, hal ini akan diprioritaskan kepada masyarakat dan wisatawan, sehingga mereka tak panik serta tetap bisa berwisata dan menikmati alam dengan bekal informasi serta kewaspadaan. “Ini akan terus kita lakukan langkah-langkah sosialisasi. Ini keharusan, arena kita sudah punya sistem informasi management krisis untuk mengatasi bencana. Jadi early warning sistem itu sudah kita fokuskan prioritaskan dan para wisatawan harus menyiapkan diri, juga tetap mengutamakan kewaspadaan,” katanya.

Isu gempa besar atau megathrust di Selat Sunda dan Mentawai-Siberut bukanlah hal baru. Namun, masyarakat kini dihebohkan lantaran munculnya rumor gempa tersebut akan terjadi dan tinggal menunggu waktu.

Topik Menarik