6 Desa dengan Nama Unik Sangat Menakjubkan, Nomor 4 Warganya Hidup Bahagia

6 Desa dengan Nama Unik Sangat Menakjubkan, Nomor 4 Warganya Hidup Bahagia

Travel | inews | Jum'at, 2 Agustus 2024 - 06:20
share

JAKARTA, iNews.id - Desa dengan nama unik sangat menarik untuk dijelajahi. Tidak hanya memiliki pemandangan menakjubkan, desa-desa ini akan membuat siapa saja geleng-geleng kepala.

Anda akan takjub dengan nama desa yang memiliki unsur seram atau lucu. Meski memiliki nama yang unik, desa tersebut tentunya akan mudah diingat. 

Penasaran, dengan desa yang memiliki nama unik di Indonesia? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (1/8/2024).

Desa dengan Nama Unik 

1. Desa Gelap

Nama desa yang satu ini tentu menjadi tanda tanya. Meski namanya demikian, bukan berarti desa ini gelap, ya. Desa Gelap berada di Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Belum ada keterangan mengapa dinamakan Desa Gelap. Mungkin, itu karena lokasinya yang cukup pelosok, bersebelahan dengan hutan jati yang sangat luas.

2. Desa Pocong

Desa Pocong yang berlokasi di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan memang menjadi sorotan banyak orang karena namanya yang unik. Konon, nama Desa Pocong berawal dari cerita turun-temurun, yang menyebutkan sumber air pertama yang ditemukan di desa ini berasal dari pohon pucang. Kisah lainnya, desa ini dulu adalah hutan belantara yang angker. Mitosnya penduduk yang menempati desa ini pertama kali sering melihat penampakan hantu pocong.

3. Desa Toket

Mungkin bagi orang yang tidak pernah mengetahui keberadaan desa ini, akan menganggap seseorang yang mengucapkannya hanya bualan belaka. Istilah toket kerap digunakan untuk menyebut payudara. Akan tetapi toket yang satu ini adalah nama desa di Kecamatan Proppo, Pamekasan, Jawa Timur.

4. Desa Ngelawak

Selanjutnya Desa Ngelawak. Ngelawak dalam bahasa Jawa artinya melucu. Ya, Desa Ngelawak bisa Anda jumpai di Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Hingga saat ini, belum ada alasan mengenai nama Desa Nglawak. Namun, beberapa orang menyebut, penduduk di desa ini sangat bahagia karena gemar "melucu" hingga terkenal sebagai Desa Nglawak. 

5. Desa Tutup

Desa Tutup terletak di Kabupaten Blora, Kecamatan Tunjungan, Jawa Timur. Bahkan ada juga guyonan tentang desa ini, yang mengatakan “Jangan pernah ke Desa Tutup, karena tidak pernah buka".

6. Desa Kasihan

Desa juga menjadi sorotan. Sebab, kasihan merupakan ungkapan iba atau belas kasih. Namun, ada desa yang juga memiliki nama Kasihan, terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Nama desa ini benar-benar ada. Beberapa seniman ternama Indonesia bahkan berasal dari kecamatan ini. Sebut saja Butet Kartaredjasa atau Emha Ainun Nadjib.

Itulah desa dengan nama unik yang harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Desa-desa ini bisa menjadi destinasi alternatif untuk dikunjungi bersama keluarga.

Topik Menarik