10 Ayat Alquran tentang Berbakti Kepada Orang Tua, Arab, Latin, dan Artinya

10 Ayat Alquran tentang Berbakti Kepada Orang Tua, Arab, Latin, dan Artinya

Travel | BuddyKu | Jum'at, 8 September 2023 - 07:32
share

JAKARTA, iNews.id - Islam mengajarkan kepada umatnya untuk patuh, hormat, dan berbakti kepada kedua orang tua. Perintah tersebut disebutkan dalam banyak ayat Alquran tentang berbakti kepada orang tua.

Jasa orang tua sangat besar dan sulit untuk membalasnya meski dengan materi berlimpah. Orang tua yakni ayah dan ibu adalah dua sosok yang banyak mencurahkan kasih sayangnya sejak belum lahir dalam kandungan hingga dewasa dan mandiri. Bahkan tidak jarang pula sampai dewasa pun juga tetap membutuhkan bimbingan mereka dalam mengarungi kehidupan.

Karena itu, berbuat baik kepada orang tua wajib dilakukan tiap anak, baik ketika mereka masih hidup maupun sudah wafat. Cara berbakti kepada orang tua dalam Alquran di antaranya dengan tidak berkata kasar atau membantahnya, bertutur kata yang lemah lembut dan sopan, serta berbuat baik kepada orang tua baik selagi masih hidup maupun sudah meninggal.

Dalam hadits Nabi SAW disebutkan bahwa berbakti kepada orang tua merupakan amalan utama setelah menyembah Allah.

Abu `Amru Asy Syaibani berkata; telah mengabarkan kepada kami pemilik rumah ini, sambil menunjuk kerumah Abdullah dia berkata; saya bertanya kepada Nabi shallallahu `alaihi wasallam; Amalan apakah yang paling dicintai Allah? Beliau bersabda: Shalat tepat pada waktunya. Dia bertanya lagi; Kemudian apa? beliau menjawab: Berbakti kepada kedua orang tua. Dia bertanya; Kemudian apa lagi? beliau menjawab: Berjuang di jalan Allah. (HR. Bukhari) [No. 5970 Fathul Bari] Shahih.

Anak
Anak sungkem, meminta maaf dan ampunan dari orang tua saat lebaran. (FOTO: ANTARA)

Perintah berbakti kepada kedua orang tua dalam Alquran bergandengan dengan perintah menyembah Allah. Berikut kumpulan ayat Alquran yang memerintahkan kepada setiap manusia untuk berbakti kepada kedua orang tua.

Ayat Alquran tentang Berbakti Kepada Orang Tua

1. Surat Luqman Ayat 14 tentang Perintah Berbakti Kepada Orang Tua

Latin: Wa waainal-insna biwlidaih(i), amalathu ummuh wahnan al wahniw wa filuh f maini anisykur l wa liwlidaik(a), ilayyal-mar(u).

Artinya: Kami mewasiatkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. (Wasiat Kami,) Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku (kamu) kembali. (QS. Luqman: 14)

2. Surat Luqman Ayat 15 tentang Berbakti Kepada Orang Tua meski Berbeda Agama

Latin: Wa in jhadka al an tusyrika b m laisa laka bih ilmun fal tuihum wa ibhum fid-dun-y marf(n), wattabi sabla man anba ilayya(a), umma ilayya marjiukum fa unabbi\'ukum bim kuntum tamaln(a).

Artinya: Jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan-Ku dengan sesuatu yang engkau tidak punya ilmu tentang itu, janganlah patuhi keduanya, (tetapi) pergaulilah keduanya di dunia dengan baik dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian, hanya kepada-Ku kamu kembali, lalu Aku beri tahukan kepadamu apa yang biasa kamu kerjakan. (QS. Luqman: 15)

3. Surat Al Isra ayat 23 Larangan Berkata Ah kepada Orang Tua

Ayat Alquran tentang perintah berbakti kepada kedua orang tua pertama termaktub dalam Surat Al Isra ayat 23-24. Dalam ayat ini, manusia dilarang berkata cis, ah atau hus dan kata sejenisnya kepada orang tua.

Latin: Wa qa rabbuka all tabud ill iyyhu wa bil-wlidaini isn(n), imm yabluganna indakal-kibara aaduhum au kilhum fal taqul lahum uffiw wa l tanhar hum wa qul lahum qaulan karm(n).

Artinya: Artinya: Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan \'ah\' dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. Al Isra: 23)

4. Surat Al Isra Ayat 24 tentang Perintah Merawat Orang Tua

Latin: Wakhfi lahum jana-ulli minar-ramati wa qur rabbiramhum kam rabbayn agr(n).

Artinya: Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil. (QS. Al Isra: 24).

5. Surat Al \'Ankabut Ayat 8 tentang Wasiat Berbuat Baik ke Orang Tua

Latin: Wa waainal-insna biwlidaihi usn(n), wa in jhadka litusyrika b m laisa laka bih ilmun fal tuihum, ilayya marjiukum fa\'unabbi\'ukum bim kuntum tamaln(a).

Artinya: Kami telah mewasiatkan (kepada) manusia agar (berbuat) kebaikan kepada kedua orang tuanya. Jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan-Ku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, janganlah engkau patuhi keduanya. Hanya kepada-Ku kamu kembali, lalu Aku beri tahukan kepadamu apa yang selama ini kamu kerjakan.

6. Surat Al Baqarah ayat 83

Latin: Wa i akhan mqa ban isr\'la l tabudna illallha wa bil-wlidaini isnaw wa il-qurb wal-yatm wal-maskni wa ql lin-nsi usnaw wa aqmu-alta wa tuz-zakh(ta), umma tawallaitum ill qallam minkum wa antum murin(a).

Artinya: (Ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari Bani Israil, Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuatbaiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Selain itu, bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah salat, dan tunaikanlah zakat. Akan tetapi, kamu berpaling (mengingkarinya), kecuali sebagian kecil darimu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang. (QS. Al Baqarah: 83)

7. Surat An Nisa Ayat 36

Latin: Wabudullha wa l tusyrik bih syai\'aw wa bil-wlidaini isnaw wa biil-qurb wal-yatm wal-maskni wal-jri il-qurb wal-jril-junubi wa-ibi bil-jambi wabnis-sabl(i), wa m malakat aimnukum, innallha l yuibbu man kna mukhtlan fakhr(n).

Artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak ya tim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnusabil, serta hamba sahaya yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri. (QS. An Nisa: 36)

8. Surat Al An\'am Ayat 151

Latin: Qul talau atlu m arrama rabbukum alaikum all tusyrik bih syai\'aw wa bil-wlidaini isn(n),

Artinya: Katakanlah (Nabi Muhammad), Kemarilah! Aku akan membacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu, (yaitu) janganlah mempersekutukan-Nya dengan apa pun, berbuatbaiklah kepada kedua orang tua. (QS. Al An\'am: 151)

9. Surat Al Ahqaf Ayat 15

Latin: Wa waainal-insna biwlidaihi isn(n), amalathu ummuh kurhaw wa waaathu kurh(n), wa amluh wa filuh alna syahr(n), att i balaga asyuddah wa balaga arbana sanah(tan), qla rabbi auzin an asykura nimatakal-lat anamta alayya wa al wlidayya wa an amala lian tarhu wa ali l f urriyyat, inn tubtu ilaika wa inn minal-muslimn(a).

Artinya: Kami wasiatkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandung sampai menyapihnya itu selama tiga puluh bulan. Sehingga, apabila telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia (anak itu) berkata, Wahai Tuhanku, berilah petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dapat beramal saleh yang Engkau ridai, dan berikanlah kesalehan kepadaku hingga kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim. (QS. Al Ahqaf: 15)

10. Surat Maryam Ayat 32 tentang Berbakti Kepada Ibu

Latin: Wa barram biwlidat wa lam yajaln jabbran syaqiyy(n).

Artinya: Dan berbakti kepada ibuku serta Dia tidak menjadikanku orang yang sombong lagi celaka. (QS. Maryam: 32).

Itulah ulasan ayat Alquran tentang berbakti kepada kedua orang tua yang wajib dilakukan setiap anak manusia agar mendapat ridha Allah SWT.

Wallahu A\'lam

Topik Menarik