Sejarah Kata Mayday Pertama Kali Digunakan, Penanda Keadaan Darurat

Sejarah Kata Mayday Pertama Kali Digunakan, Penanda Keadaan Darurat

Travel | BuddyKu | Selasa, 27 Juni 2023 - 22:06
share

JAKARTA, iNews.id - Sejarah kata mayday pertama kali digunakan akan diulas pada artikel kali ini.

Pada tahun 1923, Frederick Stanley Mockford, seorang petugas radio senior di Bandara Croydon London, Inggris, diberikan tanggung jawab untuk menemukan sebuah kata yang sederhana dan mudah diucapkan oleh semua pilot dalam keadaan darurat.

Kata tersebut juga harus dipahami dengan mudah oleh petugas di darat. Stanley menghadapi kesulitan dalam menemukan kata yang tepat.

Sejarah kata Mayday pertama kali digunakan


Pada saat itu, komunikasi radio sedang mengalami perkembangan dan digunakan secara luas.

Hal ini membutuhkan adanya regulasi untuk menentukan kata-kata yang dapat digunakan sebagai kode darurat, menggantikan kode morse SOS.


Mungkin ada pertanyaan mengapa tidak menggunakan kata help! sebagai gantinya. Namun, ahli bahasa pada waktu itu menyatakan bahwa kata help sudah terlalu umum digunakan dalam percakapan sehari-hari dan bukan hanya dalam situasi darurat.

Industri penerbangan membutuhkan istilah yang berbeda. Ketika sedang berusaha keras mencari kata yang tepat, Stanley juga sedang sibuk mengatur arus lalu lintas penerbangan antara Croydon dan bandara Le Bourget di Paris, Perancis.

Dari situlah muncul istilah mayday. Stanley mengambil istilah tersebut dari kata m\'aider yang berarti tolong saya dalam bahasa Prancis.

Empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1927, International Radiotelegraph Convention of Washington, Amerika Serikat secara resmi menetapkan istilah mayday sebagai tanda keadaan darurat.

Untuk memperkuat penggunaannya, pengucapan kata mayday harus dilakukan tiga kali berturut-turut agar dapat dibedakan dengan jelas dari kata-kata lain, bahkan dalam keadaan yang berisik sekalipun.

Selain mayday, terdapat juga istilah pan-pan yang digunakan sebagai penanda keadaan darurat yang lebih aman atau kurang mendesak. Kata pan-pan berasal dari kata panne dalam bahasa Prancis yang berarti rusak atau gagal.

Secara umum, kapten kapal sering menggunakan istilah pan-pan ketika kapal yang mereka kendalikan mengalami kerusakan, tetapi tidak memerlukan perbaikan yang mendesak.

Seperti mayday, pengucapan pan-pan juga harus dilakukan tiga kali berturut-turut, diikuti dengan informasi tambahan seperti tujuan pesan, lokasi terakhir, dan situasi saat ini.

Karena pentingnya dan kekhususan istilah mayday, di Amerika Serikat, siapa pun yang dengan sengaja atau tidak sengaja menyalahgunakan kata tersebut dapat menghadapi hukuman penjara hingga enam tahun dan denda sekitar 250 ribu dolar Amerika.

Nah, itulah ulasan singkat tentang sejarah kata mayday pertama kali digunakan.

Topik Menarik