6 Oleh-Oleh Khas Turki Wajib Bawa Pulang, Kain Sutera hingga Keramik Cantik

6 Oleh-Oleh Khas Turki Wajib Bawa Pulang, Kain Sutera hingga Keramik Cantik

Travel | BuddyKu | Sabtu, 15 April 2023 - 12:16
share

SEBANYAK 6 oleh-oleh khas Turki ini wajib untuk dibeli saat berkunjung. Turki menjadi salah satu negara trans benua yang kerap menjadi destinasi wisata.

Terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Laut hingga daerah Balkan di Eropa Tenggara membuat negara satu ini memiliki beragam destinasi wisata.

Tak hanya berkunjung ke setiap objek wisatanya, namun juga mencoba berbagai oleh-oleh khas negara satu ini.

Lantas, apa saja oleh-oleh khas Turki yang wajib dibawa pulang? Berikut ulasannya sebagaimana Okezone dilansir dari laman Celebrity Cruises ;

1. Karpet

Buah tangan yang melekat dalam pikiran para turis saat ke Turki adalah karpet Turki. Ya, sebab banyak sekali penjual yang menjajakan karpet khas Turki ini, terutama di Kota Hereke.

Infografis Negara Pernah Ganti Nama

Kota yang terletak di barat laut Kocaeli yang berdekatan dengan Istanbul ini ternyata lokasi pabrik karpet tertua di Turki. Bahkan, sebagian besar karpet yang ada di istana bersejarah Istanbul diproduksi di kota ini.

2. Sutera Foulards

Pada zaman Utsmani, Kota Bursa menjadi pusat penghasil kain tenun yang bersejarah di Turki.

Namun kini, Denizli menggantikan posisi Kota Bursa di pasar dunia. Apabila sedang berada di Bursa, Anda bisa menuju ke Kozahan untuk mencoba sutra Foulard dan syal.

3. Tembikar znik

Tembikar znik merupakan kerajinan keramik yang dihiasi dengan seni \'ini\'. Seni ini berkembang dari abad ke-15 hingga akhir abad ke-17.

Anda bisa mengunjungi Istana Topkapi di Istanbul untuk mengetahuinya, namun jika ingin membelinya bisa menuju ke barat laut kota znik.

4. Lampu kaca mosaik

Oleh-oleh khas Turki satu ini termasuk seni tradisional yang mewarnai kehidupan sehari-hari masyarakat di zaman Utsmani.

Lampu kaca mosaik bisa didapatkan di Grand Bazaar atau bazaar bersejarah lainnya yang ada di Turki.

Lampu Mozaik Turki

Lampu kaca mosaik (Foto: Alibaba)

5. Batu Oltu

Saat bertandang ke Erzurum, Anda wajib mengunjungi distrik Oltu yang sangat bersejarah. Batu Oltu adalah batu semi-logam mulia yang secara tradisional sudah digunakan dalam pembuatan cincin, anting, kalung, gelang, pin dasi, pipa rokok, hingga tasbih.

Batu Oltu yang juga dikenal dengan sebutan amber hitam ini memiliki bobot yang ringan dan dapt membakar suatu benda ketika digosok ke permukaan benda tersebut.

6. Nazar Amulet

Benda yang diyakini jimat oleh masyarakat Turki ini bentuknya menyerupai mata dan dipercaya dapat melindungi dari kejahatan.

Manik-manik dengan aksen hitam dan biru ini bisa ditemukan di berbagai tempat di Turki. Salah satu desa yang menjadi sentra pembuatan amulet adalah desa Nazarky.

Topik Menarik