Cerita Chef Roberto Fiorini Jadi Juru Masak Pribadi Paus Fransiskus Selama di Indonesia: Sangat Terhormat 

Cerita Chef Roberto Fiorini Jadi Juru Masak Pribadi Paus Fransiskus Selama di Indonesia: Sangat Terhormat 

Travel | inews | Minggu, 8 September 2024 - 12:38
share

JAKARTA, iNews.id - Cerita kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia masih menarik untuk disimak. Banyak sisi lain yang belum terungkap ke publik, salah satunya siapa juru masak pemimpin Gereja Katolik sedunia itu. 

Ya, selama kunjungannya di Indonesia, apa yang dikonsumsi Paus Fransiskus dipertimbangkan dengan sangat baik. Makanya, juru masak yang dipilih pun tidak sembarangan.

Adalah Chef Roberto Fiorini. Profesional chef yang juga Executive Chef dari Albagroup itu didapuk menjadi juru masak pribadi Paus Fransiskus. Bagaimana cerita dirinya bisa terpilih menjadi chef untuk Paus Fransiskus? 

Kepada media, Chef Roberto Fiorini menjelaskan kesempatan yang dia dapat ini berawal dari koneksi sang General Manager Albagroup, Michele Carbotti.

"Sebelumnya kami sudah sering melayani kedutaan besar, dan dari situ Paus Fransiskus memilih kami berdasarkan kriteria-kriteria tertentu," kata Chef Fiorini kepada media di Restoran Alba Ristorante, baru-baru ini.

Menjadi chef pribadi untuk Paus Fransiskus memberikan kesan mendalam bagi Chef Fiorini, mengingat kedekatannya dengan Roma, tempat tinggal asalnya.

Chef Fiorini mencium tangan Paus Fransiskus
Chef Fiorini mencium tangan Paus Fransiskus

"Saya merasa sangat terhormat bisa melayani Paus Fransiskus di Indonesia. Ini adalah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan, terutama karena Paus sangat dekat dengan kehidupan saya sejak kecil di Roma," ceritanya.

Selama kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia, Chef Fiorini menyajikan sejumlah hidangan terbaiknya, termasuk Lamb Shoulder dan dessert spesial Bread of Memory, serta Tiramisu.

Dia mengakui proses menyajikan makanan untuk Paus Fransiskus itu penuh tantangan, terutama terkait detail yang sangat diperhatikan dalam setiap sajian.

"Setiap detail hidangan sangat diperhatikan. Ketika hidangan akhirnya disajikan, saya merasa beban yang berat terangkat dan sangat lega," ungkapnya.

Chef Fiorini dan masakannya untuk Paus Fransiskus
Chef Fiorini dan masakannya untuk Paus Fransiskus

Lebih lanjut Chef Fiorini mengatakan bisa menyajikan berbagai hidangan makan untuk Paus Fransiskus merupakan pencapaian penting dalam kariernya sebagai koki.

Chef Fiorini sendiri memulai berkarier sebagai juru masak pada usia 13 tahun dan telah memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman di industri perhotelan. Dia dikenal karena keahliannya yang luas di dunia kuliner Internasional.

Chef Fiorini pernah bekerja dengan koki-koki terkenal seperti Mauro Uliassi, Gordon Ramsay, Ferran Adria, dan Luis Andoni.  Bahkan, sebelum melayani Paus Fransiskus, Chef Fiorini pernah menjadi koki pribadi untuk Raja Salman dari Arab Saudi.

Topik Menarik