RSUD Komodo Labuan Bajo Jadi Rumah Sakit Rujukan KTT ASEAN Summit

RSUD Komodo Labuan Bajo Jadi Rumah Sakit Rujukan KTT ASEAN Summit

Travel | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 16:14
share

LABUAN BAJO, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjuk RSUD Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagai rumah sakit rujukan KTT ASEAN Summit 2023. Kemenkes meminta RSUD Labuan Bajo mempersiapkan ruangan perawatan VIP.

Tanggal 14 Maret 2023 Pemda Manggarai Barat dapat surat dari Kemenkes bahwa RSUD Komodo menjadi salah satu rumah sakit rujukan, kata Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Senin (20/3/2023).

Endi mengatakan, KTT ASEAN Summit ke-42 akan digelar pada 9-11 Mei 2023. Kemenkes meminta RSUD Labuan Bajo menyiapkan pelayanan seperti ruan IGD khusus VIP, ruang perawatan VIP, ruang isolasi VIP, hingga ruang ICU VIP.

Terkait permintaan itu, dirinya telah menggelar rapat koordinasi untuk mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan. Salah satunya ketersediaan dokter spesialis.

Dokter spesialis jantung itu belum ada. Kami koordinasi dengan Kemenkes, sehingga pada saat kegiatan, dokter spesialis ada di Labuan Bajo, katanya.

Selain dokter spesialis, dirinya juga mencari solusi terkait peralatan pendukung yang dibutuhkan. Menurutnya, RSUD Labuan Bajo harus siap dengan kebutuhan yang diperlukan sejak 10 hari sebelum penyelenggaraan KTT.

H-10 puncak kegiatan barang harus sudah tersedia, ujarnya.

Sementara Direktur RSUD Komodo, Melinda Gampar menyatakan siap memenuhi permintaan Kemenkes. Menurutnya ada gedung berlantai empat yang disiapkan untuk pelayanan VIP dengan akses lift.

Selain RSUD Komodo, rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan adalah RSU Siloam dan RSU Santo Yosep di Labuan Bajo.

Dua rumah sakit di luar NTT, yakni RSU dr Wahidin Sudirohusodo di Makassar dan RSUP Prof IGN Ngoerah di Denpasar juga ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan.