Detik-Detik Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru Hanyutkan Kandang Kambing

Detik-Detik Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru Hanyutkan Kandang Kambing

Travel | BuddyKu | Senin, 27 Februari 2023 - 07:13
share

LUMAJANG - Banjir lahar hujan Gunung Semeru kembali menerjang sejumlah jalur aliran lahar, pada Minggu 26 Februari 2023 sore. Banjir lahar dengan volume yang cukup besar bahkan menghanyutkan kandang kambing milik warga yang berada di dekat aliran lahar.

Banjir lahar hujan diakibatkan hujan deras di wilayah puncak Gunung Semeru. Banjir lahar hujan Gunung Semeru menerjang aliran Sungai Regoyo di Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro.

Derasnya aliran banjir lahar hujan bahkan menggerus bantaran sungai hingga mengakibatkan kandang kambing ambruk dan hanyut terbawa derasnya aliran lahar.

Banjir lahar hujan juga terpantau menerjang daerah aliran Sungai Besuk Sat, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang.

Debit banjirnya pun cukup besar hingga ke atas jembatan limpas. Bahkan, material vulkanik bekas awan panas guguran juga terbawa arus hingga membuat warna banjir berubah menjadi coklat kehitaman.

Akibatnya, jembatan limpas yang juga jalur alternatif penghubung Desa Pasrujambe di Kecamatan Pasrujambe dengan Desa Penanggal di Kecamatan Candipuro tidak dapat dilintasi.

Arik Iswandi, salah seorang warga mengatakan, banjir lahar ini terjadi setelah kawasan puncak Gunung Semeru diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Sabtu malam.

Petugas dari Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi atau (PVMBG) berhasil merekam getaran banjir dengan amplitudo maksimal mencapai 30 milimeter.

Meski tidak ada korban, namun warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan karena status Gunung Semeru masih siaga level 3.

Topik Menarik