Potensi Situs Semedo sebagai Destinasi Wisata di Kabupaten Tegal

Potensi Situs Semedo sebagai Destinasi Wisata di Kabupaten Tegal

Travel | BuddyKu | Kamis, 17 November 2022 - 04:25
share

TEGAL - Situs Semedo merupakan sebuah situs purbakala yang terletak di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Penemu situs semedo beserta peninggalannya adalah bapak Dakri.

Dalam proses pencarian temuan, beliau dibantu tiga rekannya yaitu Duman, Sunardi dan Ansori. Sebelum bersama tiga rekannya, Bapak Dakri sendiri telah mengumpulkan fosil sejak tahun 1987.

Di Situs Semedo terdapat museum yang menampung banyak koleksi temuan fosil. Terdapat beberapa ruang dengan segala kegunaanya, seperti ruang pamer untuk memajang koleksi fosil, ruang laboratorium untuk proses konservasi temuan fosil, ruang pertemuan yang digunakan untuk kegiatan pengunjung maupun pengurus, ruang audio visual yang digunakan untuk pemutaran film kisah kehidupan manusia pra-sejarah, perpustakaan yang menyediakan koleksi buku-buku, ruang penyimpanan untuk menyimpan temuan fosil, mushola, dan toilet.

Secara kuantitas, sebanyak 7500 fosil temuan yang berada di Situs Semedo. 3000 fosil yang telah diidentifikasi dalam database, dan 4500 fosil yang belum diidentifikasi. Temuan di situs ini rata-rata merupakan fosil hewan. Ada juga temuan alat non masif dan beberapa kerangka manusia.

Museum Situs Semedo baru dibuka untuk umum pada 12 Oktober 2022 oleh Bupati Tegal, Umi Azizah. Pembukaan museum ini bertepatan dengan peringatan hari museum nasional.

Museum ini masih dibuka gratis untuk umum, buka dari selasa-minggu pada pukul 08.30-15.00 WIB. Istirahat pukul 12.00-13.00 WIB, sedangkan hari jumat istirahat pada pukul 11.30-12.30 WIB.

Selain museum, di situs ini juga terdapat bukit. Bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih 350 mdpl yang menjadikan lingkungan sekitarnya asri dan indah. Dari bukit ini, kita bisa melihat pemandangan alam yang ada di sekitar.

Terdapat juga Gua Tirem. Gua ini pada zaman dahulu digunakan manusia purba untuk bermalam dan berlindung dari serangan hewan buas maupun ekstremnya suhu alam.

Ada pula makam yang disemayami oleh tokoh yang berjasa atas berdirinya Kabupaten Tegal. Makam ini bernama Makam Mbah Semedo.

Dari semua pesona yang ada di Situs Semedo, kita bisa gunakan museum dan Gua Tirem sebagai wisata edukasi tentang sejarah, bukit sebagai tempat wisata liburan melihat pemandangan sekitar. Sementara Makam Mbah Semedo, dapat dijadikan sebagai wisata religi dengan berziarah ke makamnya.

Ayo segera berkunjung ke Situs Purbakala Semedo mumpung masih gratis!

Topik Menarik