Kereta Kencana Ki Jaga Raksa Milik Dedi Mulyadi Meriahkan Kirab Bendera Pusaka di Istana Negara

Kereta Kencana Ki Jaga Raksa Milik Dedi Mulyadi Meriahkan Kirab Bendera Pusaka di Istana Negara

Travel | BuddyKu | Rabu, 17 Agustus 2022 - 09:15
share

SUBANG, iNews.id - Kereta kencana Ki Jaga Raksa kembali dipercaya membawa bendera pusaka saat upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Istana Negara pada 17 Agustus 2022. Pemberangkatan kereta kencana milik Dedi Mulyadi itu dihadiri ribuan warga di Lembur Pakuan Subang.

Kereta kencana tersebut menjalani prosesi pelepasan dalam rangkaian acara Lembur Pakuan Agustusan \'Ki Jaga Raksa Miang Ka Istana Negara\' atau dalam bahasa Indonesia berarti Ki Jaga Raksa Pergi ke Istana Negara, kata Dedi Mulyadi.

Prosesi diawali dengan turunnya Ki Jaga Raksa dari Bale Pamanah Rasa yang merupakan tempatnya selama ini tersimpan. Kang Dedi Mulyadi yang juga Anggota DPR RI memimpin prosesi tersebut.

Di pelataran Bale Pamanah Rasa, sejumlah penari menyambut kereta kencana tersebut. Tampak pula ibu-ibu yang silih berganti memukulkan halu ke lisung yang biasa digunakan petani untuk menumbuk padi.

Setelah melewati berbagai prosesi tersebut, Kang Dedi, sapaan akrab Dedi Mulyadi, menyerahkan kereta kencana ke Kogartap I/Jakarta selaku pihak yang akan mengawal selama HUT Kemerdekaan ke-77 di Istana Negara.

Diketahui sejak 2014 lalu, kereta kencana Ki Jaga Raksa dipercaya menjadi kendaraan yang akan membawa bendera pusaka. Pada tahun-tahun sebelumnya, Ki Jaga Raksa akan membawa bendera pusaka dari Monumen Nasional (Monas) ke Istana Negara untuk dikibarkan.

Namun selama pandemi covid-19 Ki Jaga Raksa \'diistirahatkan\' karena tidak ada acara iring-iringan bendera pusaka dari Monas ke Istana Negara.

Ki Jaga Raksa dibuat di Solo pada 2009 silam. Kereta kencana ini dibuat sebagai representasi dan penghormatan terhadap Raja Pajajaran Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi. Secara bahasa Ki Jaga Raksa memiliki arti Ki berarti istilah maskulin, Jaga berarti merawat dan Raksa merupakan rasa atau hati.

Topik Menarik