Desa Wisata Terbaik Se-Indonesia, Punya Ratusan Rumah Majapahit yang Eksotis

Desa Wisata Terbaik Se-Indonesia, Punya Ratusan Rumah Majapahit yang Eksotis

Travel | BuddyKu | Rabu, 13 Juli 2022 - 16:05
share

Desa Bejijong di Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, enggak kalah sama Desa Adat Penglipuran di Bali . Di sini kamu bisa menginap di rumah bergaya Majapahit yang jumlahnya ratusan unit. Selain menginap, kampung ini juga menawarkan sensasi mengunjungi sejumlah tempat bersejarah sekaligus mempelajari kesenian dan kuliner khasnya.

bejijong
Desa Wisata Kampung Bejijong di Mojokerto (Aldi Buchori/Z Creators)

Ternyata desain ratusan rumah Majapahit merujuk pada Naskah Negarakertagama, relief sejumlah candi dan artefak kuno berpadu dengan konsep modern. Rumah Majapahit dibangun di depan rumah-rumah penduduk. Ada juga yang menyatu dengan rumah induk, tapi enggak sedikit pula yang terpisah.

Dinding rumah Majapahit tersusun dari bata merah dan terlihat natural. Fondasi rumah terbuat dari batu setinggi hampir 1 meter. Desain bangunannya melebar dengan dua daun pintu kembar berbahan kayu.

rumah majapahit
Dinding rumah terbuat dari batu bata pres natural (Aldi Buchori/Z Creators)

Desa Adat Bejijong dibangun sekitar 2014-2015 dengan angaran APBD senilai Rp180juta untuk rumah tipe B (rumah biasa) dan Rp280 juta untuk rumah tipe A (joglo dan pusat keramaian).

Pembangunannya dikerjakan langsung sama masyarakat sekitar, secara sukarela. Enggak ada paksaan buat warga yang rumahnya enggan diubah menjadi ala rumah Majapahit.

desa wisata bejijong
Ada 198 rumah Majapahit yang bisa disewa (Aldi Buchori/Z Creators)

Saat ini ada sekitar 198 rumah warga yang sudah dipugar. Selain di sini, pembangunan mulai merambah ke dua desa sekitarnya, yakni Trowulan dan Jatipasar.

Buat kamu yang berwisata ke Mojokerto, pastikan mampir ke Desa Bejijong yang terbuka gratis untuk umum.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Topik Menarik