Resep Gulai Sapi Gurih Khas Gultik Blok M, Pas untuk Menu Sarapan!

Resep Gulai Sapi Gurih Khas Gultik Blok M, Pas untuk Menu Sarapan!

Travel | BuddyKu | Rabu, 15 Juni 2022 - 17:33
share

JAKARTA, celebrities.id - Gulai tikungan (Gultik) Blok M tak dipungkiri menjadi salah satu kuliner terkenal di Jakarta Selatan. Sajian itu mengandalkan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Pedagang yang menjual Gultik biasanya berada di perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan, Jakarta Selatan.

Tentu para pecinta kuliner selalu memburu makanan lezat nan khas di kawasan itu, apalagi harganya pun tergolong ramah di kantong.

Tapi tahukah Anda? jika cara membuat gultik ini sangatlah mudah dan praktis. Melansir akun Instagram Fajar Alam Setiabudi, berikut resep gulai sapi gurih dan nikmat, Rabu (15/6/2022).

Bumbu utama gulai sapi:

Bumbu Halus :

Bahan Lain :

Cara Memasak:

1. Rebus lidah sapi dalam air mendidih. Kemudian angkat lidah sapi dari panci dan bersihkan lidah sapi dari kulit yang menempel.

2. Selanjutnya rebus kembali lidah sapi yang telah dibersihkan. Masak lidah sapi seama 1 jam sampai tekstur berubah menjadi empuk.

3. Setelah matang angkat lidah sapi dan potong-potong menjadi beberapa bagian kecil.

4. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, butir kemiri, kunyit, jahe, ketumbar, merica bubuk, garam dan bubuk kaldu ayam ke dalam blender. Haluskan semua bumbu sampai tercampur rata.

5. Tumis bumbu halus diwajan panas yang ditambahkan dengan daun salam, daun jeruk, sereh, ketumbar, kayu manis, cengkeh, kapulaga. Masak semua bahan sampai bumbu mengeuarkan wangi harum.

6. Masukkan tumisan bumbu halus dan daging lidah sapi kedalam air kaldu serta tambahkan dengan santan. Masak hingga matang.

7. Sajikan gulai sapi dengan nasi panas berserta sambal sesuai selera.