Jenis-Jenis Sambal di Indonesia, Hati-Hati Bisa Bikin Nafsu Makan Tak Terkendali

Jenis-Jenis Sambal di Indonesia, Hati-Hati Bisa Bikin Nafsu Makan Tak Terkendali

Travel | BuddyKu | Minggu, 12 Juni 2022 - 18:12
share

JAKARTA, iNews.id - Jenis-jenis sambal di Indonesia begitu menggoda untuk dinikmati, khususnya untuk mereka pecinta pedas. Sambal dipercaya bisa menambah cita rasa makanan menjadi lebih nikmat.

Beberapa orang yang memang pencinta pedas, pasti belum lengkap rasanya jika makan tanpa sambal. Menu apa pun terasa hambar bila belum dicocol sambal.

Pada dasarnya masakan Indonesia sendiri sebenarnya sudah kaya akan bumbu dan rempah. Namun sensasi pedas dari sambal bisa meningkatkan cita rasa sebuah makanan.Jadi apapun jenis makanannya, sambal selalu dicari guna melengkapi hidangan.



Berikut ini jenis-jenis sambal di Indonesia yang bisa Anda buat sendiri. Gampang pasti bikin nafsu makan karena ketagihan.


1. Sambal Terasi
Sambal terasi adalah sambal klasik yang paling umum dimasak keluarga Indonesia. Bahannya hanya aneka cabai (biasanya cabai merah), beberapa bumbu, plus terasi, diulek jadi satu di atas cobek. Sambal ini bisa disandingkan dengan semua jenis masakan rumahan, mulai dari sayuran, gorengan, hingga daging.


2. Sambal Bajak
Jenis-jenis sambal di Indonesia salah satunya sambal bajak. Sambal yang satu ini paling mudah ditemukan di daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah. Biasanya sambal bajak selalu disediakan dengan cuma-cuma di warung makan. Meski menggunakan kata bajak, sambal ini tidak ada hubungannya dengan bajak laut. Banyak yang mengatakan, nama tersebut diberikan karena sambal ini dulunya menjadi menu yang disajikan oleh istri-istri para petani yang sedang membajak sawah. Karakter sambal bajak sendiri lekat dengan rasa pedas dan manis.


3. Sambal Matah

IG@silvialim18
IG@silvialim18 (iNews.id/esa putra tanjung)


Sambal matah termasuk ke dalam sambal iris. Untuk membuatnya semua bahan hanya perlu diiri-iris. Sambal matah ini khas dari Bali. Rasa pedas dari sambal matah sangat terasa, sebab sambal ini tidak dimasak melainkan mentah atau matah dalam bahasa Bali. Bahannya adalah cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk limau, garam dan minyak dicampurjadi satu.



4. Sambel Kecap
Jenis-jenis sambal di Indonesia yang paling mudah dibuat adalah sambal kecap. Cara membuat cukup menambahkan kecap ke potongan cabai rawit, bawang, dan lainnya. Dijamin Anda tak bisa berhenti untuk nambah nasi panas.



5. Sambal Ijo

Jenis-Jenis
Jenis-Jenis Sambal di Indonesia.(foto: dok MPI)


Macam sambal di Nusantara yang lainnya adalah sambal ijo. Sambal pada umumnya memiliki warna merah yang mengunggah selera. Namun, sambal satu ini justru berbeda karena warnanya hijau. Sambal ini berasal dari Padang, kata ijo adalah bahasa lokal yang merujuk kepada warna sambal, yaitu hijau.Bahan utama untuk membuat sambal ini adalah cabai hijau sehingga warna sambal pun sesuai dengan warna cabai yang dipakai. Racikannya sendiri terdiri dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau.Biasanya sambal ijo banyak ditemukan di makanan khas Padang.


6. Sambal Bawang

Jenis-Jenis
Jenis-Jenis Sambal di Indonesia.(foto: dok MPI)


Kalau mencari kembali sambal yang mudah dibuat di rumah, sambal bawang adalah menunya. Bahan-bahannya mudah ditemukan, yaitu cabai rawit, bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir, dan terasi. Semua bahan tersebut diuleg sampai halus, lalu ditumis. Rasa sambal bawang ini terkenal sangat pedas dan mampu memuaskan selera kalian para penyuka makanan pedas.


7. Sambal Mangga
Jenis-jenis sambal di Indonesia yang paling unik adalah sambal mangga.
Sambal ini punya rasa yang segar. Pada racikan sambal ditambahkan buah mangga muda yang memberikan rasa sedikit kecut segar yang khas pada sambal. Selain itu, mangga muda juga memberikan tekstur ke dalam hidangan sambal yang pedas. Sambal ini paling nikmat disajikan bersama makanan berlemak karena menyegarkan. Saat musim mangga tiba, sambal satu ini cocok dibuat di rumah.

Topik Menarik